PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN HURUF TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I DI SDN 101779 PERCUT

ALVINA (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN HURUF TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I DI SDN 101779 PERCUT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111082_Cover.pdf] Text
1203111082_Cover.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 1203111082_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111082_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111082_Abstrak.pdf] Text
1203111082_Abstrak.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 1203111082_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111082_Kata_Pengantar.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 1203111082_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111082_Daftar_Isi.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 1203111082_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111082_Daftar_Gambar.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 1203111082_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111082_Daftar_Tabel.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 1203111082_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111082_Daftar_Lampiran.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of 1203111082_BAB_I.pdf] Text
1203111082_BAB_I.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of 1203111082_BAB_V.pdf] Text
1203111082_BAB_V.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 1203111082_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111082_Daftar_Pustaka.pdf

Download (240kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media papan huruf terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas I di SDN 101779 Percut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain dari penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan menggunakan Non Equivalent Control Group Design dimana terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol, selanjutnya kedua kelas diberikan pretest dan posttest untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media papan huruf terhadap keterampilan membaca permulaan siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah rubrik penilaian berbentuk tes membaca. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I A dan I B yang berjumlah 48 siswa di SDN 101779 Percut yang diambil dengan jenis pengambilan sampling purposive. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas. Berdasarkan hasil perhitungan uji prasyarat, pada data posttest kelas eksperimen diperoleh hasil 0,195, posttest kelas kontrol diperoleh hasil 0,163 yang berarti nilai keduanya > 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Selanjutnya hasil uji homogenitas variabel penelitian diketahui nilai signifikan 0,103 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa data dalam penelitian ini memiliki varians yang homogen. Kemudian, hasil perhitungan menunjukkan adanya perbedaan rata-rata keterampilan membaca permulaan siswa sebelum adanya perlakuan sebesar 58,88 dan setelah diberi perlakuan dengan media papan huruf sebesar 87,04 hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa dengan menggunakan media papan huruf. Hasil tersebut diperkuat dengan uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji independent sample t-test menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) 0,000. Karena 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat ditarik simpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media papan huruf terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas I di SDN 101779 Percut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Papan Huruf, Keterampilan Membaca Permulaan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:08
Last Modified: 21 Jul 2025 08:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60223

Actions (login required)

View Item
View Item