ANALISIS KESALAHAN EJAAN BAHASA INDONESIA PADA KARANGAN DESKRIPSI DI KELAS IV SD

SIMANJUNTAK, AGUNG LEONARDO (2023) ANALISIS KESALAHAN EJAAN BAHASA INDONESIA PADA KARANGAN DESKRIPSI DI KELAS IV SD. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1183111124_Cover.pdf] Text
1183111124_Cover.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 1183111124_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1183111124_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (774kB)
[thumbnail of 1183111124_Abstrak.pdf] Text
1183111124_Abstrak.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 1183111124_Kata_Pengantar.pdf] Text
1183111124_Kata_Pengantar.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 1183111124_Daftar_Isi.pdf] Text
1183111124_Daftar_Isi.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1183111124_Daftar_Gambar.pdf] Text
1183111124_Daftar_Gambar.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 1183111124_Daftar_Tabel.pdf] Text
1183111124_Daftar_Tabel.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 1183111124_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1183111124_Daftar_Lampiran.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 1183111124_BAB_I.pdf] Text
1183111124_BAB_I.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 1183111124_BAB_V.pdf] Text
1183111124_BAB_V.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 1183111124_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1183111124_Daftar_Pustaka.pdf

Download (117kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan penggunaann ejaan dan mendeskripsikan urutan kesalahan penggunaann ejaan yang telah dianalisis pada karangan deskripsi siswa kelas IV SD. Subjek penelitian ini adalah siswa di kelas IV semester ganjil tahun Ajaran 2022/2023 di SD Negeri 064030 Medan yang berjumlah 20 siswa. Objek penelitian ini adalah mengetahui bagaimana bentuk kesalahan penggunaann ejaan bahasa Indonesia pada karangan deskripsi. Penelitian ini menggunakan jenis peneltian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang termasuk dalam penelitian kebahasaan. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara dengan guru, serta peneliti melakukan tes tertulis beserta pendokumentasian karangan. Dalam proses penelitian ini, peneliti mengumpulkan data kemudian menganalisis data satu per satu dalam dokumen berupa penggunaann huruf kapital, kata depan, tanda baca titik dan tanda baca koma. Hasil penelitian ini menunjukkan jumlah kesalahan ejaan oleh siswa SD Negeri 030460 meliputi: kesalahan penggunaann huruf kapital pada awal kalimat sebanyak 65 kesalahan dengan persentase 67,7, kesalahan penggunaann huruf kapital pada nama hari sebanyak 3 kesalahan dengan presentase 3,1%, kesalahan penggunaann huruf kapital pada nama geografis sebanyak11 kesalahan dengan presentase 11,5%, kesalahan penggunaann huruf kapital pada judul karangan sebanyak 17 kesalahan dengan presentase 17,7%,. Kesalahan penggunaann kata depan di sebanyak 17 kesalahan dengan presentase 45,9%, kesalahan penggunaann kata depan ke sebanyak 20 kesalahan dengan persentase 54,1%. Kesalahan penggunaann tanda baca titik pada akhir kalimat sebanyak 60 kesalahan dengan presentase 98,4%, kesalahan penggunaann tanda baca titik menunjukkan waktu sebanyak 1 kesalahan dengan persentase 1,6%, dan kesalahan penggunaann tanda baca koma pada perincian sebanyak 6 kesaahan dengan presentase 11,8%, kesalahan penggunaann tanda baca memisahkan anak kalimat dan induk kalimat sebanyak 43 kesalahan dengan presentase 84,3%, kesalahan penggunaann tanda baca koma setelah kata penghubung sebanyak 2 kesalahan dengan persentase 3,9%. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, disarankan bagi guru dapat memberi pelatihan menulis pada siswa sesuai Ejaan Bahasa Indonesia yang benar. Pelatihan menulis yang dilakukan guru memfokuskan pemberian materi tentang penggunaann huruf kapital, kata depan, tanda baca titik, dan tanda baca koma.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Analisis, ejaan bahasa Indonesia, karangan deskripsi.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:08
Last Modified: 21 Jul 2025 08:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60219

Actions (login required)

View Item
View Item