PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN 177076 LUMBAN NABOLON T.A 2023/2024

HUTABARAT, AGAPE KARTINA (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN 177076 LUMBAN NABOLON T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111023_Cover.pdf] Text
1203111023_Cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111023_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111023_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111023_Abstrak.pdf] Text
1203111023_Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111023_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111023_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111023_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111023_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111023_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111023_Daftar_Gambar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111023_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111023_Daftar_Tabel.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111023_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111023_Daftar_Lampiran.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111023_BAB_I.pdf] Text
1203111023_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111023_BAB_V.pdf] Text
1203111023_BAB_V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111023_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111023_Daftar_Pustaka.pdf

Download (141kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis powtoon terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SD negeri 177076 Lumban Nabolon T.A 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini subjek penelitian yaitu kelas V SD Negeri 177076 Lumban Nabolon sebanyak 32 siswa.pada saat penelitian berlangsung peneliti memberi uji pre test kepada subjeck setelah itu subjek diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran berbasis powtoon. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil tes dan dianalisis dengan uji prasyarat analisis serta uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil rata-rata pre-test sebesar 53,28 dan hasil rata-rata post-test sebesar 75, 62. Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 177076 Lumban Nabolon. Hasil uji-t pre-test post-test diperoleh bahwa pvalue sebesar 0,001 < 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang diterapkan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa, dimana nilai belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis powtoon lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: hasil belajar, media pembelajaran, powtoon
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:09
Last Modified: 21 Jul 2025 08:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60213

Actions (login required)

View Item
View Item