HUTABARAT, AGAPE KARTINA (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN 177076 LUMBAN NABOLON T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203111023_Cover.pdf
Download (1MB)
1203111023_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1203111023_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
1203111023_Abstrak.pdf
Download (1MB)
1203111023_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
1203111023_Daftar_Tabel.pdf
Download (1MB)
1203111023_Daftar_Gambar.pdf
Download (1MB)
1203111023_Daftar_Lampiran.pdf
Download (1MB)
1203111023_BAB_I.pdf
Download (1MB)
1203111023_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
1203111023_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203111023_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
1203111023_BAB_V.pdf
Download (1MB)
1203111023_Daftar_Pustaka.pdf
Download (141kB)
1203111023_Lampiran.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis powtoon terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SD negeri 177076 Lumban Nabolon T.A 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini subjek penelitian yaitu kelas V SD Negeri 177076 Lumban Nabolon sebanyak 32 siswa.pada saat penelitian berlangsung peneliti memberi uji pre test kepada subjeck setelah itu subjek diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran berbasis powtoon. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil tes dan dianalisis dengan uji prasyarat analisis serta uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil rata-rata pre-test sebesar 53,28 dan hasil rata-rata post-test sebesar 75, 62. Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 177076 Lumban Nabolon. Hasil uji-t pre-test post-test diperoleh bahwa pvalue sebesar 0,001 < 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang diterapkan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa, dimana nilai belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis powtoon lebih tinggi.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | hasil belajar, media pembelajaran, powtoon |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:09 |
| Last Modified: | 11 Aug 2025 03:03 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60213 |
