SIREGAR, ADINDA MUTIARAHMA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN IPAS DI SDN 060857 MEDAN TEMBUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203111128_Cover.pdf
Download (191kB)
1203111128_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (467kB)
1203111128_Kata_Pengantar.pdf
Download (455kB)
1203111128_Abstrak.pdf
Download (280kB)
1203111128_Daftar_Isi.pdf
Download (283kB)
1203111128_Daftar_Tabel.pdf
Download (252kB)
1203111128_Daftar_Gambar.pdf
Download (250kB)
1203111128_Daftar_Lampiran.pdf
Download (252kB)
1203111128_BAB_I.pdf
Download (507kB)
1203111128_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (920kB)
1203111128_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (737kB)
1203111128_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203111128_BAB_V.pdf
Download (319kB)
1203111128_Daftar_Pustaka.pdf
Download (442kB)
1203111128_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan
berpikir kritis terhadap mata pelajaran IPAS siswa kelas IV pada materi energi dan
perubahannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian
ini dilaksanakan di SDN 060857 Medan Tembung. Subjek penelitian ini ialah 18
siswa kelas IV lalu setelah itu dipilih 3 subjek berdasarkan hasil tes kemampuan
berpikir kritis yang memiliki nilai rendah, sedang, dan tinggi. Instrumen yang
digunakan ialah tes kemampuan berpikir kritis serta pedoman wawancara.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes kemampuan dan wawancara. Untuk
memeriksa keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data
dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan berpikir kritis Terhadap mata
pelajaran IPAS di kelas IV SDN 060857 Medan Tembung pada materi energi dan
perubahannya menghasilkan rata-rata 67,77 yang dimana ini dikategorikan dengan
baik, hal ini dapat dilihat dari siswa yang memenuhi indikator berpikir kritis yaitu
: Mengidentifikasi masalah, memberikan argumen, menarik kesimpulan, dan
evaluasi.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Berpikir Kritis, IPAS |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:11 |
| Last Modified: | 11 Aug 2025 02:53 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60209 |
