IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PADA KURIKULUM MERDEKA DI TK NEGERI PEMBINA 1 MEDAN

KABAN, SISKA PRISKILLA (2024) IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PADA KURIKULUM MERDEKA DI TK NEGERI PEMBINA 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202413017_Cover.pdf] Text
1202413017_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 1202413017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202413017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (373kB)
[thumbnail of 1202413017_Abstrak.pdf] Text
1202413017_Abstrak.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 1202413017_Kata_Pengantar.pdf] Text
1202413017_Kata_Pengantar.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 1202413017_Daftar_Isi.pdf] Text
1202413017_Daftar_Isi.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 1202413017_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202413017_Daftar_Gambar.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 1202413017_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202413017_Daftar_Tabel.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1202413017_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202413017_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1202413017_BAB_I.pdf] Text
1202413017_BAB_I.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of 1202413017_BAB_V.pdf] Text
1202413017_BAB_V.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 1202413017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202413017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (268kB)

Abstract

Dasar permasalahan dalam penelitian ini adalah banyaknya terdapat sekolah yang
sudah menggunakan kurikulum merdeka namun belum menerapkan P5 di satuan
pendidikan anak usia dini. Penelitian ini dilaksanakan di TK Negeri Pembina 1
Medan, tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hal-hal yang harus dilakukan
untuk pelaksanaan P5 yaitu desain pelaksanaan P5, indikator yang distimulasi dari
pembelajaran P5 dan hambatan yang dihadapi guru serta solusi yang diberikan
untuk melaksanakan P5 di jenjang PAUD. Metode yang digunakan dalam
pelaksanaan penelitian ini yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 6 tahapan yang dilakukan
guru dalam mendesain pelaksanaan P5 di PAUD yaitu, 1) merancang alokasi
waktu, 2) membentuk tim fasilitator, 3) identifikasi tingkat satuan pendidikan, 4)
pemilihan tema umum, 5) penentuan topik spesifik, dan 6) merancang modul
proyek. Dari penelitian ini ditemukan 3 profil pelajar pancasila yang dimunculkan
dengan12 indikator yang terstimulasi dalam sub tema mini garden. Keterlibatan
orang tua sangat penting dalam pelaksanaan P5 karena orang tua menjadi bagian
tim fasilitator pembelajaran P5 jenjang PAUD sehingga hambatan yang dihadapi
guru dalam pelaksanaan P5 di TK Negeri Pembina 1 Medan yaitu
mempertemukan orang tua dalam pembentukan tim fasilitator P5.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Desain Pelaksanaan, Indikator, Hambatan Pelaksanaan P5
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ767 Children. Child development
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:23
Last Modified: 21 Jul 2025 08:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60181

Actions (login required)

View Item
View Item