PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI ANAK KELOMPOK B DI TK ABA 06 BROMO

INDAH, SARI (2024) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI ANAK KELOMPOK B DI TK ABA 06 BROMO. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1191113010_Cover.pdf] Text
1191113010_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 1191113010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1191113010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 1191113010_Abstrak.pdf] Text
1191113010_Abstrak.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 1191113010_Kata_Pengantar.pdf] Text
1191113010_Kata_Pengantar.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 1191113010_Daftar_Isi.pdf] Text
1191113010_Daftar_Isi.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 1191113010_Daftar_Gambar.pdf] Text
1191113010_Daftar_Gambar.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 1191113010_Daftar_Tabel.pdf] Text
1191113010_Daftar_Tabel.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1191113010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1191113010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 1191113010_BAB_I.pdf] Text
1191113010_BAB_I.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of 1191113010_BAB_V.pdf] Text
1191113010_BAB_V.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 1191113010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1191113010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (193kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri anak
melalui metode bermain peran pada anak di TK ABA 06 BROMO. Metode
penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan bentuk one group
pretest-posttest design. Sampel dari penelitian ini sebanya 13 anak yang diambil
dari kelompok B. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode bermain
peran sedangkan variabel terikat adalah tingkat kepercayaan diri anak. Instrumen
pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Uji coba instrumen dilakukan
dengan tes berbentuk pernyataan sebanyak 13 pernyataan. Teknik analisis data
yang digunakan adalah uji wilcoxon. Hasil dari penelitian ini adalah nilai rata-rata
sebelum diberi perlakuan tingkat kepercayaan diri anak sebesar 6,00 dalam
kategori cukup baik, sedangkan yang diberi perlakuan tingkat kepercayaan diri
anak sebesar 14,30 dalam kategori sangat baik. Dari skor data tersebut
menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode
bermain peran dapat tingkat kepercayaan diri anak kelompok B di TK ABA 06
BROMO. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan skor tidak diberi perlakuan
dan diberi perlakuan. Berdasarkan hasil dari analisis maka dapat diketahui hasil
test statistics, nilai Z yang didapatkan sebesar -3.191 dengan p value (Asymp. Sig
2 – tailed) sebesar 0.001 dimana kurang dari batas krisis penelitian 0.05 sehingga
keputusan hipotesis terdapat perbedaan bermakna pada kepercayaan diri anak
setelah diberikan metode bermain peran yang mana dapat disimpulkan sebagai
“Ada pengaruh yang signifikan metode bermain peran terhadap kepercayaan diri
anak usia 5-6 tahun di kelompok B TK ABA 06 BROMO ”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Anak Usia Dini, Metode Bermain Peran, Tingkat Kepercayaan Diri Anak
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ767 Children. Child development
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:23
Last Modified: 21 Jul 2025 08:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60173

Actions (login required)

View Item
View Item