Isnaini, Nurul (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ASAM BASA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4202131004_Cover.pdf
Download (183kB)
4202131004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (356kB)
4202131004_Abstrak.pdf
Download (330kB)
4202131004_Kata_Pengantar.pdf
Download (189kB)
4202131004_Daftar_Isi.pdf
Download (225kB)
4202131004_Daftar_Gambar.pdf
Download (220kB)
4202131004_Daftar_Tabel.pdf
Download (221kB)
4202131004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (222kB)
4202131004_BAB_I.pdf
Download (452kB)
4202131004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (560kB)
4202131004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (670kB)
4202131004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
4202131004_BAB_V.pdf
Download (219kB)
4202131004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (466kB)
4202131004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penggunaan LKPD dalam proses pembelajaran masih kurang memadukan soal-soal berpikir kritis dan belum berbasis dengan model pembelajaran yang menyebabkan kurangnya keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD berbasis problem based learning pada materi asam basa untuk peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) oleh S.Thiagrajan, yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Define, Design, Development dan Disseminate. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi, angket respon peserta didik, dan soal tes. Validasi dilakukan oleh 3 orang validator yaitu 2 orang ahli materi dan 1 orang ahli media. Berdasarkan hasil validasi dari validator ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 86,36 % dengan kriteria sangat valid, sedangkan validator ahli media diperoleh hasil rata-rata sebesar 84,7 % dengan kriteria sangat valid. Selanjutnya dilakukan penyebaran LKPD yang digunakan dalam proses pembelajaran, kemudian diukur keterampilan berpikir kritis siswa setelah menggunakan LKPD. Diperoleh hasil N-Gain sebesar 0,72 dengan kategori tinggi dan diperoleh respon siswa sebesar 85,4 % kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis PBL materi asam basa dapat digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Lembar kerja peserta didik; Problem based learning; Asam basa; Berpikir kritis |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 25 Feb 2025 07:27 |
| Last Modified: | 18 Jun 2025 05:24 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60149 |
