PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ASAM BASA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Isnaini, Nurul (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ASAM BASA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202131004_Cover.pdf] Text
4202131004_Cover.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 4202131004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202131004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of 4202131004_Abstrak.pdf] Text
4202131004_Abstrak.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of 4202131004_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202131004_Kata_Pengantar.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 4202131004_Daftar_Isi.pdf] Text
4202131004_Daftar_Isi.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 4202131004_Daftar_Gambar.pdf] Text
4202131004_Daftar_Gambar.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 4202131004_Daftar_Tabel.pdf] Text
4202131004_Daftar_Tabel.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 4202131004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4202131004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 4202131004_BAB_I.pdf] Text
4202131004_BAB_I.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of 4202131004_BAB_V.pdf] Text
4202131004_BAB_V.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 4202131004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202131004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (466kB)

Abstract

Penggunaan LKPD dalam proses pembelajaran masih kurang memadukan
soal-soal berpikir kritis dan belum berbasis dengan model pembelajaran yang
menyebabkan kurangnya keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengembangkan LKPD berbasis problem based learning pada
materi asam basa untuk peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode
penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) oleh
S.Thiagrajan, yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Define ,Design, Development dan
Disseminate. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi, angket respon
peserta didik, dan soal tes,. Validasi dilakukan oleh 3 orang validator yaitu 2
orang ahli materi dan 1 orang ahli media. Berdasarkan hasil validasi dari validator
ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 86,36 % dengan kriteria sangat valid,
sedangkan validator ahli media diperoleh hasil rata-rata sebesar 84,7 % dengan
kriteria sangat valid. Selanjutnya dilakukan penyebaran LKPD yang digunakan
dalam proses pembelajaran, kemudian diukur keterampilan berpikir kritis siswa
setelah menggunakan LKPD. Diperoleh hasil N-Gain sebesar 0,72 dengan
kategori tinggi dan diperoleh respon siswa sebesar 85,4 % kategori sangat baik .
Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis PBL materi asam basa dapat
digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan keterampilan
berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: LKPD , Problem Based Learning, Asam Basa, Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Feb 2025 07:27
Last Modified: 25 Feb 2025 07:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60149

Actions (login required)

View Item
View Item