ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK JAMIL HASAN

HAYATI, NAZILA NAJMI (2024) ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK JAMIL HASAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1201113011_Cover.pdf] Text
1201113011_Cover.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 1201113011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1201113011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1201113011_Abstrak.pdf] Text
1201113011_Abstrak.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 1201113011_Kata_Pengantar.pdf] Text
1201113011_Kata_Pengantar.pdf

Download (539kB)
[thumbnail of 1201113011_Daftar_Isi.pdf] Text
1201113011_Daftar_Isi.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of 1201113011_Daftar_Gambar.pdf] Text
1201113011_Daftar_Gambar.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 1201113011_Daftar_Tabel.pdf] Text
1201113011_Daftar_Tabel.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 1201113011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1201113011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 1201113011_BAB_I.pdf] Text
1201113011_BAB_I.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of 1201113011_BAB_V.pdf] Text
1201113011_BAB_V.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 1201113011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1201113011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (192kB)

Abstract

Sudut pandang manusia mengenai kecerdasan pada saat ini hanya sebatas kecerdasan akademik yang diukur melalui IQ. Gardner menentang hal tersebut dengan menyatakan bahwa kecerdasan tidaklah tunggal. Ada beberapa kemampuan yang sangat dibutuhkan di abad ke-21 salah satunya adalah kemampuan berkolaborasi dan berkomunikasi. Kedua kemampuan ini memiliki kaitan dengan kecerdasan interpersonal. Dari beberapa TK yang pernah peneliti kunjungi TK Jamil Hasan mempunyai visi, misi dan tujuan yang berkaitan dengan kecerdasan interpersonal sehingga peneliti ingin melihat bagaimana bentuk kecerdasan interpersonal pada anak usia 5-6 tahun di TK Jamil Hasan dan bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal di TK Jamil Hasan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini terlihat bahwa aspek yang sudah muncul pada setiap anak usia 5-6 tahun di TK Jamil Hasan adalah aspek mengantri dan apek yang paling jarang muncul pada anak adalah kemampuan bersosialisasi, berinteraksi dan beradaptasi dengan lingkungan atau teman baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kecerdasan Majemuk, Kecerdasan Interpersonal, sosialisasi
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ767 Children. Child development
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:25
Last Modified: 21 Jul 2025 08:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60138

Actions (login required)

View Item
View Item