PENGARUH E-MODUL BERBASIS MASALAH DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MATERI ASAM BASA

Mhd. Fadhilah (2024) PENGARUH E-MODUL BERBASIS MASALAH DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131001_Cover.pdf] Text
4203131001_Cover.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 4203131001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 4203131001_Abstrak.pdf] Text
4203131001_Abstrak.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 4203131001_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131001_Kata_Pengantar.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 4203131001_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131001_Daftar_Isi.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 4203131001_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203131001_Daftar_Gambar.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 4203131001_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203131001_Daftar_Tabel.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of 4203131001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203131001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 4203131001_BAB_I.pdf] Text
4203131001_BAB_I.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 4203131001_BAB_V.pdf] Text
4203131001_BAB_V.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 4203131001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (78kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh e-modul berbasis masalah
terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi asam basa dan mengetahui korelasi
e-modul terhadap motivasi dan hasil belajar kimia siswa pada materi asam basa di
sekolah SMA Negeri 11 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.
Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Penelitian ini
mengambil sampel yang terdiri dari 1 kelompok, yaitu kelompok eksperimen pada
kelas XI MIPA 6. Penelitian telah dilakukan tiga kegiatan yaitu memberikan pretest,
pemberian perlakuan dengan media e-modul berbasis masalah dan
melakukan post-test. Teknik pengumpulan data menggunakan uji normalitas, uji
homogenitas, uji hipotesis dan uji korelasi. Setelah dilakukan uji prasyarat bahwa
eksperimen datanya berdistribusi normal, untuk uji homogen pada kelas
eksperimen homogen. Untuk uji hipotesis digunakan uji One Sample T Test, dan
untuk uji korelasi digunakan uji Product Moment maka diperoleh hasil datanya
untuk hipotesis nilai thitung > ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak dengan nilai
pret-test pada kelas eksperimen yaitu X dan nilai post-test pada kelas eksperimen
yaitu X, uji korelasi rhitung > rtabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat
diambil kesimpulan bahwa adanya perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah
diberikan perlakuan media e-modul berbasis masalah. Dan korelasi antara
motivasi dan hasil belajar kimia siswa pada e-modul berbasis masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-Modul Berbasis Masalah, Hasil Belajar, dan Motivasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Feb 2025 04:24
Last Modified: 25 Feb 2025 04:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60127

Actions (login required)

View Item
View Item