HARAHAP, JELILA HANNUM (2024) PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF PAPAN KATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NAZIFA ISLAMIC SCHOOL T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1193313025_Cover.pdf
Download (200kB)
1193313025_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (672kB)
1193313025_Abstrak.pdf
Download (281kB)
1193313025_Kata_Pengantar.pdf
Download (376kB)
1193313025_Daftar_Isi.pdf
Download (424kB)
1193313025_Daftar_Tabel.pdf
Download (177kB)
1193313025_Daftar_Gambar.pdf
Download (174kB)
1193313025_Daftar_Lampiran.pdf
Download (332kB)
1193313025_BAB_I.pdf
Download (408kB)
1193313025_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (976kB)
1193313025_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (687kB)
1193313025_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (957kB)
1193313025_BAB_V.pdf
Download (256kB)
1193313025_Daftar_Pustaka.pdf
Download (285kB)
1193313025_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Permasalahan yang terjadi di TK Nazifa Islamic School menunjukkan bahwa terbatasnya media alat permainan edukatif pada media papan kata sehingga menjadikan anak mudah bosan dan kurang tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran, khususnya pada pembelajaran membaca permulaan anak usia dini, dengan diterapkannya alat permainan edukatif papan kata dapat menstimulasi kemampuan membaca permulaan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pengaruh alat permainan edukatif papan kata terhadap membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Nazifa Islamic School. Jenis penelitian yang dilakukan penelitian adalah penelitian kuantitatif (eksperimen), dalam penelitian ini menggunakan desain The Equivalent Time Sampel. peneliti mengambil sampel kelas B Al-Mu’min sebanyak 15 orang anak usia 5-6 tahun di TK Nazifa Islamic School. Hasil data dari penelitian menunjukkan nilai rata rataTidak diberi perlakuan pertama (X0)memiliki nilai rata-rata 9,33. diberi perlakuan pertama (X1) memiliki nilai rata-rata 10,66. Tidak diberi perlakuan kedua (X0) memiliki nilai rata-rata 11,6 dikategorikan. Tidak diberi perlakuan kedua (X2) memiliki nilai rata-rata 14,6 kategori. Setelah dilakukan analisis data melalui uji statistik SPSS versi 26 dengan hasil signifikan 0,003<0,005 yaitu hipotesis diterima. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa dengan melakukan kegiatan alat permainan papan kata dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan. Dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan Alat Permainan Edukatif Papan Kata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun di TK Nazifah Islamic School.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Permainan Papan Kata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. |
| Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ767 Children. Child development L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:26 |
| Last Modified: | 25 Aug 2025 03:46 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60113 |
