PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MEDIA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA DI SMA

Angel, Ivy Florensyana (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MEDIA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131038_Cover.pdf] Text
4203131038_Cover.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 4203131038_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131038_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (487kB)
[thumbnail of 4203131038_Abstrak.pdf] Text
4203131038_Abstrak.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 4203131038_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131038_Kata_Pengantar.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 4203131038_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131038_Daftar_Isi.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 4203131038_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203131038_Daftar_Gambar.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of 4203131038_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203131038_Daftar_Tabel.pdf

Download (23kB)
[thumbnail of 4203131038_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203131038_Daftar_Lampiran.pdf

Download (28kB)
[thumbnail of 4203131038_BAB_I.pdf] Text
4203131038_BAB_I.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 4203131038_BAB_V.pdf] Text
4203131038_BAB_V.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of 4203131038_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131038_Daftar_Pustaka.pdf

Download (192kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran, media, serta interaksi antara model pembelajaran dan media terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 17 Medan yakni sebanyak 6 kelas. Sampel penelitian ini diambil secara acak sebanyak 4 kelas dan sampel siswa diambil secara purposive 10 orang per kelas berdasarkan kehomogenan statusnya. Penelitian ini menggunakan rancangan faktorial 2 x 2. Ada dua faktor yang diujicobakan yaitu faktor A : Model Pembelajaran yang terdiri dari dua taraf yaitu A1 = Discovery learning A2 = Inkuiri terbimbing, faktor B : media pembelajaran yang terdiri dari dua taraf yaitu B1 = media video, B2 = media PowerPoint. Data berupa nilai aktivitas dan nilai hasil belajar siswa dianalisis dengan sidik ragam pada tingkat signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran, media serta interaksi antara model pembelajaran dan Media terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi asam basa di SMA. Pembelajaran materi asam basa di SMA yang mengkombinasikan perlakuan model pembelajaran Inkuiri terbimbing dan media video secara nyata memberikan aktivitas dan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan mengkombinasikan model inkuiri terbimbing+media PowerPoint, kombinasi Discovery Learning+media powerpoint maupun kombinasi model Discovery Learning dengan media video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi model pembelajaran Inkuiri terbimbing dengan media video memberikan rataan aktivitas belajar siswa sebesar 81,11 ± 8,35 dan memberikan rataan nilai hasil belajar siswa 84,5 ± 7,62. Dengan demikian direkomendasikan bahwa untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa, sebaiknya guru mengkombinasikan perlakuan model dan media pembelajaran yang sesuai. Jika guru menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam pembelajaran, sebaiknya dikombinasikan dengan media video.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Discovery Learning, Inkuiri Terbimbing, Video, PowerPoint, Hasil dan Aktivitas Belajar, Asam Basa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Feb 2025 03:17
Last Modified: 25 Feb 2025 03:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60097

Actions (login required)

View Item
View Item