STUDI KASUS PEMBERIAN GADGET OLEH ORANG TUA DAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK 2-3 TAHUN DI KEL. MENCIRIM LK VIII T.A 2021/2022

JANNAH, FEBRI RAUDHATUL (2021) STUDI KASUS PEMBERIAN GADGET OLEH ORANG TUA DAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK 2-3 TAHUN DI KEL. MENCIRIM LK VIII T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1171113010_Cover.pdf] Text
1171113010_Cover.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 1171113010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1171113010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of 1171113010_Abstrak.pdf] Text
1171113010_Abstrak.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 1171113010_Kata_Pengantar.pdf] Text
1171113010_Kata_Pengantar.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 1171113010_Daftar_Isi.pdf] Text
1171113010_Daftar_Isi.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 1171113010_Daftar_Tabel.pdf] Text
1171113010_Daftar_Tabel.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 1171113010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1171113010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1171113010_BAB_I.pdf] Text
1171113010_BAB_I.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of 1171113010_BAB_V.pdf] Text
1171113010_BAB_V.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 1171113010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1171113010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (223kB)

Abstract

Pada usia 2-3 tahun anak masih mengalami masa emas (golden age). Pada
masa tersebut ada 6 (enam) aspek yang sedang berkembang kemudian pada usia
2-3 tahun anak juga sedang dalam tahap mengeksplorasi dan berinteraksi
langsung dengan lingkungan sekitar, untuk membantu aspek perkembangan anak
maka sudah menjadi tugas orangtua untuk memberikan stimulus agar
perkembangannya sesuai dengan usia anak. Salah satu aspek yang dikembangkan
pada masa golden age adalah aspek bahasa, aspek bahasa penting untuk
dikembangkan karena bahasa adalah alat atau cara setiap individu untuk
berkomunikasi dengan lainya. Anak memperoleh bahasa secara alami, diperoleh
melalui pembiasaan mendengar dan mempraktekannya.
Para orang tua dapat memanfaatkan teknologi dalam menstimulasi aspek
perkembangan terutama perkembangan bahasa anak dengan memberikan stimulus
berupa menonton video edukasi, bernyanyi, dan bermain peran dari video yang
telah ditonton. Dalam penggunaan gadget pada anak, sangat dianjurkan kepada
orang tua untuk tetap mengawasi anak selama beraktivitas menggunakan gadget,
mengingat dampak negatif yang ditimbulkan oleh gadget apabila digunakan
secara berlebihan pada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
perkembangan bahasa anak usia 2-3 tahun dan pemberian gadget oleh orang tua di
Kelurahan Mencirim Lk VIII. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus
dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan 4
orang anak usia 2-3 tahun dengan perkembangan bahasa yang berbeda-beda
sebagai subjek penelitian di Kelurahan Mencirim Lk.VIII. Pengumpulan data
dilakukan pada penelitian ini adalah metode observasi kepada anak dan orang tua
subjek serta wawancara yang dilakukan kepada orang tua subjek. Analisis data
pada penelitian deskriptif kualitatif menggunakan 3 cara yaitu, reduksi data,
penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data yang
digunakan pada penelitian ini adalah teknik triangulasi.
Dari hasil penelitian penulis menemukan bahwa pemberian gadget kepada
anak memberikan efek positif apabila diiringi stimulus dan pengawasaan yang
tepat dari orang tuanya. Dari hasil observasi yang telah dilakukan kepada anak
dan orang tua, peneliti menemukan bahwa rata-rata durasi pemakaian gadget yang
diberikan orang tua kepada anak adalah 1-2 jam per harinya dengan frekuensi
pemberian gadget yang berbeda-beda. Gadget diberikan pada saat jam makan,
jam tidur, dan pada saat anak menangis. orang tua yang memberikan gadget
kepada anak sebagai alat menenangkan anak 2-3 tahun. Anak yang yang
diperbolehkan bermain gadget memiliki tahap perkembangan yang berbeda-beda,
frekuensi penggunaan, serta pemahaman orang tua dan cara menstimulasi
perkembangan bahasa anak yang juga berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pemberian Gadget, Perkembangan Bahasa Usia 2-3 tahun
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ767 Children. Child development
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:28
Last Modified: 21 Jul 2025 08:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60096

Actions (login required)

View Item
View Item