Br Sembiring, Erika Fortuna (2024) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA KELAS X SMA PADA MATERI KONSEP MOL DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK THREE TIER BERBANTUAN GOOGLE FORMULIR. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203131021_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131021_Cover.pdf
Download (46kB)
![[thumbnail of 4203131021_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131021_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of 4203131021_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131021_Abstrak.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of 4203131021_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131021_Kata_Pengantar.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of 4203131021_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131021_Daftar_Isi.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of 4203131021_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131021_Daftar_Gambar.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of 4203131021_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131021_Daftar_Tabel.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of 4203131021_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131021_Daftar_Lampiran.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of 4203131021_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131021_BAB_I.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of 4203131021_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131021_BAB_V.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of 4203131021_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131021_Daftar_Pustaka.pdf
Download (6MB)
Abstract
Mempelajari ilmu kimia membutuhkan pemahaman konsep yang mendasar untuk dipahami dan dilakukan. Ilmu kimia memiliki banyak pembelajaran materi yang sangat luas dan mendalam sehingga sering terjadi kesalahpahaman yang membuat ketakutan dan keraguan dalam penguasaan konsep saat mempelajarinya. Siswa sering mengalami kesalahpahaman (miskonsepsi) dalam pembelajaran kimia. Miskonsepsi tersebut dapat terjadi akibat pemahaman matematika dasar peserta didik rendah yang berkelanjutan disekolah sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase tingkat miskonsepsi siswa melalui instrumen tes Three-Tier pada materi konsep mol kelas X di SMAN 18 Medan. Sampel dalam penelitian ini, direncanakan dengan menggunakan satu kelas X SMAN 18 MEDAN Tahun Ajaran 2023/2024 dengan cara pengambilannya menggunakan teknik purposif simple. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dan observasi kepada guru serta menyebarkan tes tertulis berupa tes diagnostik three-tier yang terdiri dari 25 soal pilihan ganda yang telah divalidasi. Data yang telah diperoleh menujukkan terdapat miskonsepsi pada siswa kelas X dalam materi konsep mol. Hasil penelitian ini menunjukkan Siswa Kelas X SMA NEGERI 18 MEDAN mengalami miskonsepsi sebesar 53,41%, paham konsep sebesar 34,94%, dan tidak paham konsep sebesar 11,65%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Miskonsepsi, Pembelajaran Kimia, Tes Diagnostik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 08:00 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60060 |