Tarigan, Endah Putri Br. (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS TERBIMBING BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PADA MATERI REAKSI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203131070_Cover.pdf
Download (117kB)
4203131070_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (295kB)
4203131070_Abstrak.pdf
Download (164kB)
4203131070_Kata_Pengantar.pdf
Download (302kB)
4203131070_Daftar_Isi.pdf
Download (255kB)
4203131070_Daftar_Gambar.pdf
Download (159kB)
4203131070_Daftar_Tabel.pdf
Download (226kB)
4203131070_Daftar_Lampiran.pdf
Download (162kB)
4203131070_BAB_I.pdf
Download (254kB)
4203131070_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (379kB)
4203131070_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (370kB)
4203131070_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (657kB)
4203131070_BAB_V.pdf
Download (162kB)
4203131070_Daftar_Pustaka.pdf
Download (269kB)
4203131070_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat kebutuhan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing di SMA Swasta Imelda Medan. (2) mengetahui rancangan LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi redoks. (3) mengetahui kelayakan LKPD sesuai standar BSNP. (4) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dan. (5) mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD berbasis inkuri terbimbing pada materi reaksi redoks yang telah dikembangkan. Pengembangan ini dilakukan menggunakan metode R&D dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara, lembar validasi LKPD oleh validator, lembar angket respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD yang disusun telah memenuhi kriteria kelayakan menurut standar BSNP yang divalidasi oleh ahli materi dan ahli media yang merupakan dosen kimia UNIMED dengan memperoleh nilai rata-rata persertase dari ahli materi sebesar 89,76% dengan kriteria “sangat layak” dan nilai rata-rata persertase dari ahli media sebesar 87,17% dengan kriteria “sangat layak”. Adapun rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah dibelajarkan menggunakan LKPD yang dikembangkan meningkat dari 18,19 ke 83,48 dengan nilai n-gain sebesar 0,79 dan hasil respon peserta didik sebesar 85,14% dengan kriteria “sangat layak”. Sehingga secara keseluruhan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Inkuiri Terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik layak digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pada materi reaksi redoks.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Berpikir Tingkat Tinggi, Inkuiri Terbimbing, LKPD, Model 4D, Reaksi Redoks. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 24 Feb 2025 07:19 |
| Last Modified: | 13 Jun 2025 09:15 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60054 |
