ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PENGUSAHA KUE BIKA BAKAR SEBAGAI KEARIFAN LOKAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA DI KECAMATAN PANYABUNGAN SELATAN

HAKIKI, NUR (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PENGUSAHA KUE BIKA BAKAR SEBAGAI KEARIFAN LOKAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA DI KECAMATAN PANYABUNGAN SELATAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202171004_Cover.pdf] Text
1202171004_Cover.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 1202171004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202171004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of 1202171004_Abstrak.pdf] Text
1202171004_Abstrak.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of 1202171004_Kata_Pengantar.pdf] Text
1202171004_Kata_Pengantar.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 1202171004_Daftar_Isi.pdf] Text
1202171004_Daftar_Isi.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 1202171004_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202171004_Daftar_Gambar.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 1202171004_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202171004_Daftar_Tabel.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 1202171004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202171004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 1202171004_BAB_I.pdf] Text
1202171004_BAB_I.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of 1202171004_BAB_V.pdf] Text
1202171004_BAB_V.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of 1202171004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202171004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (326kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengusaha kue bika bakar
sebagai kearifan lokal dalam meningkatkan pendapatan keluarga. Penelitian ini
dilaksanakan di Kecamatan Panyabungan Selatan. Jenis penelitian yang digunakan
yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu 2 orang
pengusaha kue bika bakar yang berada di Kecamatan Panyabungan Selatan. Teknik
pengumpulan data yang diperunakan yaitu observasi, wawancara dan Teknik
analisis data yaitu reduksi data, penyajian data,penarikan kesimpulan. Keabsahan
penelitian meliputi triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian
menunjukan beberapa temuan: Product yang ditawarkan bermutu atau memiliki
kualitas yang bagus dan proses memasak kue bika bakar menggunakan sabut kelapa
ataupun arang dengan bahan yang berkualitas. Price (harga), Penjual menerapkan
harga yang ekonomis sehingga banyak konsumen yang membeli kue bika bakar dan
memberikan potongan harga apabila membeli kue bika bakar lebih dari 2 pcs. Place
(Lokasi), Lokasi penjualan kue bika bakar yang banyak dikunjungi wisatawan,
dekat dengan pusat kota, mudah diakses konsumen dan dilalui oleh transprotasi.
Promotion (Promosi),bentuk strategi pemasaran yang dilakukan oleh pengusaha
kue bika bakar dengan pemanfaatan media sosial untuk memperluas jangkauan
penjualan. Kemudian promosi melalui orang lain atau dari teman keteman,
mengikuti evant kuliner festival fashion yang diadakan di desa Kayu Laut untuk
mempromosikan kue bika bakar. Maka dari 4 strategi ini yang paling berkonstribus
yaitu promosi dan lokasi sedangkanproduk dan harga memiliki konstribusi yang
lebih kecil. Walaupun begitu pendapatan keluarga pengusaha kue bika bakar
meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Strategi, Kearifan Lokal, Pendapatan Keluarga
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5410 Marketing. Distribution of products
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:32
Last Modified: 21 Jul 2025 08:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60015

Actions (login required)

View Item
View Item