Pratiwi, Wahda (2024) PENGARUH STRATEGI EKSPOSITORI PADA PEMBELAJARAN TARI MELAYU DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN (KOGNITIF) SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
2173141020_Cover.pdf
Download (11kB)
2173141020_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (653kB)
2173141020_Abstrak.pdf
Download (45kB)
2173141020_Kata_Pengantar.pdf
Download (126kB)
2173141020_Daftar_Isi.pdf
Download (122kB)
2173141020_Daftar_Gambar.pdf
Download (4kB)
2173141020_Daftar_Tabel.pdf
Download (7kB)
2173141020_Daftar_Lampiran.pdf
Download (6kB)
2173141020_BAB_I.pdf
Download (142kB)
2173141020_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (595kB)
2173141020_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (682kB)
2173141020_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2173141020_BAB_V.pdf
Download (44kB)
2173141020_Daftar_Pustaka.pdf
Download (105kB)
2173141020_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan (kognitif) siswa melalui pembelajaran tari Melayu dengan strategi ekspositori pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan. Dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang
maksimalnya pengetahuan (kognitif) siswa pada pembelajaran tari Melayu di SMP Muhammadiyah 1 Medan. Salah satu penyebabnya adalah saat proses pembelajaran guru belum memanfaatkan strategi yang tepat dan baik. Oleh karena itu diperlukan inovasi strategi yang sesuai dari guru agar mampu memberikan pengetahuan (kognitif) pada pembelajaran tari Melayu yang lebih baik. Teori yang digunakan terkait penelitian ini yakni tentang strategi ekspositori oleh Sanjaya sedangkan teori pengetahuan (kognitif) oleh Farida. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dalam bentuk Pre-Experimental One Group Pre Test-Post. Test Design yang dilakukan hanya pada satu kelompok saja. Sampel yang digunakan kelas VIII dengan 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji normalitas termasuk berdistribusi normal dan uji homogenitas termasuk homogen maka hasil
posttest nilai rata-rata lebih tinggi dari pada pretest sehingga hasil dari uji t pun demikian yaitu nilai signifikan (sig. (2-tailed)) sebesar 0,000 < 0,05 maka atau
dengan melihat nilai t hitung > t table yaitu 7,154 > 2,093, maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dari Uji Paired Sample T-test, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh yang
signifikan terhadap pengetahuan (kognitif) siswa menggunakan strategi ekspositori pada pembelajaran tari Melayu kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Medan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Strategi Ekspositori, Pengetahuan (Kognitif), Tari Melayu. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NX Arts in general |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 21 Feb 2025 02:37 |
| Last Modified: | 15 Jul 2025 03:59 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59961 |
