PRATIWI, WAHDA PENGARUH STRATEGI EKSPOSITORI PADA PEMBELAJARAN TARI MELAYU DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN (KOGNITIF) SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2173141020_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173141020_Cover.pdf
Download (11kB)
![[thumbnail of 2173141020_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173141020_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (653kB)
![[thumbnail of 2173141020_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173141020_Abstrak.pdf
Download (45kB)
![[thumbnail of 2173141020_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173141020_Kata_Pengantar.pdf
Download (126kB)
![[thumbnail of 2173141020_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173141020_Daftar_Isi.pdf
Download (122kB)
![[thumbnail of 2173141020_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173141020_Daftar_Gambar.pdf
Download (4kB)
![[thumbnail of 2173141020_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173141020_Daftar_Tabel.pdf
Download (7kB)
![[thumbnail of 2173141020_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173141020_Daftar_Lampiran.pdf
Download (6kB)
![[thumbnail of 2173141020_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173141020_BAB_I.pdf
Download (142kB)
![[thumbnail of 2173141020_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173141020_BAB_V.pdf
Download (44kB)
![[thumbnail of 2173141020_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173141020_Daftar_Pustaka.pdf
Download (105kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan (kognitif) siswa
melalui pembelajaran tari Melayu dengan strategi ekspositori pada siswa kelas VIII
SMP Muhammadiyah 1 Medan. Dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang
maksimalnya pengetahuan (kognitif) siswa pada pembelajaran tari Melayu di SMP
Muhammadiyah 1 Medan. Salah satu penyebabnya adalah saat proses pembelajaran
guru belum memanfaatkan strategi yang tepat dan baik. Oleh karena itu diperlukan
inovasi strategi yang sesuai dari guru agar mampu memberikan pengetahuan
(kognitif) pada pembelajaran tari Melayu yang lebih baik. Teori yang digunakan
terkait penelitian ini yakni tentang strategi ekspositori oleh Sanjaya sedangkan teori
pengetahuan (kognitif) oleh Farida. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif
dalam bentuk Pre-Experimental One Group Pre Test-Post. Test Design yang
dilakukan hanya pada satu kelompok saja. Sampel yang digunakan kelas VIII
dengan 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji normalitas
termasuk berdistribusi normal dan uji homogenitas termasuk homogen maka hasil
posttest nilai rata-rata lebih tinggi dari pada pretest sehingga hasil dari uji t pun
demikian yaitu nilai signifikan (sig. (2-tailed)) sebesar 0,000 < 0,05 maka atau
dengan melihat nilai t hitung > t table yaitu 7,154 > 2,093, maka sesuai dengan
dasar pengambilan keputusan dari Uji Paired Sample T-test, maka dapat
disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh yang
signifikan terhadap pengetahuan (kognitif) siswa menggunakan strategi ekspositori
pada pembelajaran tari Melayu kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Strategi Ekspositori, Pengetahuan (Kognitif), Tari Melayu. |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Feb 2025 02:37 |
Last Modified: | 21 Feb 2025 02:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59961 |