Aziz, Adnan (2024) PENGEMASAN BAHAN AJAR TOR-TOR SIRITTAK HOTANG MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
2191141006_Cover.pdf
Download (44kB)
2191141006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (346kB)
2191141006_Abstrak.pdf
Download (72kB)
2191141006_Kata_Pengantar.pdf
Download (181kB)
2191141006_Daftar_Isi.pdf
Download (77kB)
2191141006_Daftar_Gambar.pdf
Download (69kB)
2191141006_Daftar_Tabel.pdf
Download (70kB)
2191141006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (80kB)
2191141006_BAB_I.pdf
Download (223kB)
2191141006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (426kB)
2191141006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (552kB)
2191141006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
2191141006_BAB_V.pdf
Download (72kB)
2191141006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (211kB)
2191141006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Bahan Ajar Tor-tor Sirittak Hotang menggunakan Aplikasi Canva dengan KD 3.1 yaitu memahami konsep, teknik, dan prosedur dalam ragam gerak Tor-tor Sirittak Hotang untuk
siswa kelas X Sekolah Menengah Atas. Teori yang digunakan dalam tahapan pengemasan bahan ajar oleh Kokasih (2021:251) ada tiga tahapan dalam mengambangkan bahan ajar digital: menganalisis kebutuhan bahan ajar, merancang peta konsep bahan ajar, dan mengembangkan bahan ajar. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menghasilkan produk, dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Lee & Owns, 2004:132) yaitu: Analisis (Analysis), Desain (Design) , Pengembangan (Development), Pelaksanaan
(Implementation), Evaluasi (Evaluation). Penyusunan bahan ajar ini hanya menggunakan tahapan 1-3 saja. Dengan tahapan : 1) Analisis, yakni menganalisis kebutuhan dan pencarian data yang valid, 2) Desain, memasukkan data yang sudah
dicari kemudian disusun ke dalam bentuk story board secara sistematis, 3) Pengembangan, mengembangkan melalui aplikasi Canva dari data yang telah dianalisis dan desain sebelumnya. Penelitian ini menghasilkan produk bahan ajar yang telah diuji kelayakannya oleh validator materi dan media. Uji kelayakan materi diperoleh nilai rata-rata 4,8, dan uji kelayakan media diperoleh nilai rata-rata 4,7. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar To-tor Sirittak Hotang dinyatakan layak digunakan untuk siswa Sekolah Menegah Atas. Bahan ajar Tor-tor Sirittak Hotang dapat diakses melalui
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengemasan Bahan Ajar, Tor-tor Sirittak Hotang, Aplikasi Canva |
| Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general S Agriculture > SD Forestry > SD388.5 Tools and implements |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 21 Feb 2025 02:03 |
| Last Modified: | 15 Jul 2025 02:32 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59955 |
