PENGEMASAN BAHAN AJAR TOR-TOR SIRITTAK HOTANG MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

AZIZ, ADNAN PENGEMASAN BAHAN AJAR TOR-TOR SIRITTAK HOTANG MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2191141006_Cover.pdf] Text
2191141006_Cover.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 2191141006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2191141006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of 2191141006_Abstrak.pdf] Text
2191141006_Abstrak.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 2191141006_Kata_Pengantar.pdf] Text
2191141006_Kata_Pengantar.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 2191141006_Daftar_Isi.pdf] Text
2191141006_Daftar_Isi.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 2191141006_Daftar_Gambar.pdf] Text
2191141006_Daftar_Gambar.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 2191141006_Daftar_Tabel.pdf] Text
2191141006_Daftar_Tabel.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 2191141006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2191141006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 2191141006_BAB_I.pdf] Text
2191141006_BAB_I.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 2191141006_BAB_V.pdf] Text
2191141006_BAB_V.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 2191141006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2191141006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (211kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Bahan Ajar Tor-tor
Sirittak Hotang menggunakan Aplikasi Canva dengan KD 3.1 yaitu memahami
konsep, teknik, dan prosedur dalam ragam gerak Tor-tor Sirittak Hotang untuk
siswa kelas X Sekolah Menengah Atas. Teori yang digunakan dalam tahapan
pengemasan bahan ajar oleh Kokasih (2021:251) ada tiga tahapan dalam
mengambangkan bahan ajar digital: menganalisis kebutuhan bahan ajar, merancang
peta konsep bahan ajar, dan mengembangkan bahan ajar. Penelitian ini merupakan
penelitian Research and Development (R&D) yang menghasilkan produk, dengan
menggunakan model pengembangan ADDIE (Lee & Owns, 2004:132) yaitu:
Analisis (Analysis), Desain (Design) , Pengembangan (Development), Pelaksanaan
(Implementation), Evaluasi (Evaluation). Penyusunan bahan ajar ini hanya
menggunakan tahapan 1-3 saja. Dengan tahapan : 1) Analisis, yakni menganalisis
kebutuhan dan pencarian data yang valid, 2) Desain, memasukkan data yang sudah
dicari kemudian disusun ke dalam bentuk story board secara sistematis, 3)
Pengembangan, mengembangkan melalui aplikasi Canva dari data yang telah
dianalisis dan desain sebelumnya. Penelitian ini menghasilkan produk bahan ajar
yang telah diuji kelayakannya oleh validator materi dan media. Uji kelayakan
materi diperoleh nilai rata-rata 4,8, dan uji kelayakan media diperoleh nilai rata-rata
4,7. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar To-tor Sirittak
Hotang dinyatakan layak digunakan untuk siswa Sekolah Menegah Atas. Bahan
ajar Tor-tor Sirittak Hotang dapat diakses melalui

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengemasan Bahan Ajar, Tor-tor Sirittak Hotang, Aplikasi Canva
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Feb 2025 02:03
Last Modified: 21 Feb 2025 02:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59955

Actions (login required)

View Item
View Item