AZIZ, ADNAN PENGEMASAN BAHAN AJAR TOR-TOR SIRITTAK HOTANG MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2191141006_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2191141006_Cover.pdf
Download (44kB)
![[thumbnail of 2191141006_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2191141006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (346kB)
![[thumbnail of 2191141006_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2191141006_Abstrak.pdf
Download (72kB)
![[thumbnail of 2191141006_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2191141006_Kata_Pengantar.pdf
Download (181kB)
![[thumbnail of 2191141006_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2191141006_Daftar_Isi.pdf
Download (77kB)
![[thumbnail of 2191141006_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2191141006_Daftar_Gambar.pdf
Download (69kB)
![[thumbnail of 2191141006_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2191141006_Daftar_Tabel.pdf
Download (70kB)
![[thumbnail of 2191141006_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2191141006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (80kB)
![[thumbnail of 2191141006_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2191141006_BAB_I.pdf
Download (223kB)
![[thumbnail of 2191141006_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2191141006_BAB_V.pdf
Download (72kB)
![[thumbnail of 2191141006_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2191141006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (211kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Bahan Ajar Tor-tor
Sirittak Hotang menggunakan Aplikasi Canva dengan KD 3.1 yaitu memahami
konsep, teknik, dan prosedur dalam ragam gerak Tor-tor Sirittak Hotang untuk
siswa kelas X Sekolah Menengah Atas. Teori yang digunakan dalam tahapan
pengemasan bahan ajar oleh Kokasih (2021:251) ada tiga tahapan dalam
mengambangkan bahan ajar digital: menganalisis kebutuhan bahan ajar, merancang
peta konsep bahan ajar, dan mengembangkan bahan ajar. Penelitian ini merupakan
penelitian Research and Development (R&D) yang menghasilkan produk, dengan
menggunakan model pengembangan ADDIE (Lee & Owns, 2004:132) yaitu:
Analisis (Analysis), Desain (Design) , Pengembangan (Development), Pelaksanaan
(Implementation), Evaluasi (Evaluation). Penyusunan bahan ajar ini hanya
menggunakan tahapan 1-3 saja. Dengan tahapan : 1) Analisis, yakni menganalisis
kebutuhan dan pencarian data yang valid, 2) Desain, memasukkan data yang sudah
dicari kemudian disusun ke dalam bentuk story board secara sistematis, 3)
Pengembangan, mengembangkan melalui aplikasi Canva dari data yang telah
dianalisis dan desain sebelumnya. Penelitian ini menghasilkan produk bahan ajar
yang telah diuji kelayakannya oleh validator materi dan media. Uji kelayakan
materi diperoleh nilai rata-rata 4,8, dan uji kelayakan media diperoleh nilai rata-rata
4,7. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar To-tor Sirittak
Hotang dinyatakan layak digunakan untuk siswa Sekolah Menegah Atas. Bahan
ajar Tor-tor Sirittak Hotang dapat diakses melalui
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengemasan Bahan Ajar, Tor-tor Sirittak Hotang, Aplikasi Canva |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Feb 2025 02:03 |
Last Modified: | 21 Feb 2025 02:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59955 |