PENGEMASAN BAHAN AJAR TOR-TOR SIRITTAK HOTANG MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Aziz, Adnan (2024) PENGEMASAN BAHAN AJAR TOR-TOR SIRITTAK HOTANG MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 2191141006_Cover.pdf] Text
2191141006_Cover.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 2191141006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2191141006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of 2191141006_Abstrak.pdf] Text
2191141006_Abstrak.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 2191141006_Kata_Pengantar.pdf] Text
2191141006_Kata_Pengantar.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 2191141006_Daftar_Isi.pdf] Text
2191141006_Daftar_Isi.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 2191141006_Daftar_Gambar.pdf] Text
2191141006_Daftar_Gambar.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 2191141006_Daftar_Tabel.pdf] Text
2191141006_Daftar_Tabel.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 2191141006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2191141006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 2191141006_BAB_I.pdf] Text
2191141006_BAB_I.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 2191141006_BAB_II.pdf] Text
2191141006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[thumbnail of 2191141006_BAB_III.pdf] Text
2191141006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[thumbnail of 2191141006_BAB_IV.pdf] Text
2191141006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 2191141006_BAB_V.pdf] Text
2191141006_BAB_V.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 2191141006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2191141006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 2191141006_Lampiran.pdf] Text
2191141006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Bahan Ajar Tor-tor Sirittak Hotang menggunakan Aplikasi Canva dengan KD 3.1 yaitu memahami konsep, teknik, dan prosedur dalam ragam gerak Tor-tor Sirittak Hotang untuk
siswa kelas X Sekolah Menengah Atas. Teori yang digunakan dalam tahapan pengemasan bahan ajar oleh Kokasih (2021:251) ada tiga tahapan dalam mengambangkan bahan ajar digital: menganalisis kebutuhan bahan ajar, merancang peta konsep bahan ajar, dan mengembangkan bahan ajar. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menghasilkan produk, dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Lee & Owns, 2004:132) yaitu: Analisis (Analysis), Desain (Design) , Pengembangan (Development), Pelaksanaan
(Implementation), Evaluasi (Evaluation). Penyusunan bahan ajar ini hanya menggunakan tahapan 1-3 saja. Dengan tahapan : 1) Analisis, yakni menganalisis kebutuhan dan pencarian data yang valid, 2) Desain, memasukkan data yang sudah
dicari kemudian disusun ke dalam bentuk story board secara sistematis, 3) Pengembangan, mengembangkan melalui aplikasi Canva dari data yang telah dianalisis dan desain sebelumnya. Penelitian ini menghasilkan produk bahan ajar yang telah diuji kelayakannya oleh validator materi dan media. Uji kelayakan materi diperoleh nilai rata-rata 4,8, dan uji kelayakan media diperoleh nilai rata-rata 4,7. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar To-tor Sirittak Hotang dinyatakan layak digunakan untuk siswa Sekolah Menegah Atas. Bahan ajar Tor-tor Sirittak Hotang dapat diakses melalui

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengemasan Bahan Ajar, Tor-tor Sirittak Hotang, Aplikasi Canva
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
S Agriculture > SD Forestry > SD388.5 Tools and implements
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Feb 2025 02:03
Last Modified: 15 Jul 2025 02:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59955

Actions (login required)

View Item
View Item