CITRA, YULIYA (2024) PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING TERHADAP PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 29 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1202151011_Cover.pdf
Download (44kB)
1202151011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (384kB)
1202151011_Abstrak.pdf
Download (140kB)
1202151011_Kata_Pengantar.pdf
Download (237kB)
1202151011_Daftar_Isi.pdf
Download (138kB)
1202151011_Daftar_Tabel.pdf
Download (112kB)
1202151011_Daftar_Gambar.pdf
Download (110kB)
1202151011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (111kB)
1202151011_BAB_I.pdf
Download (542kB)
1202151011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (870kB)
1202151011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (606kB)
1202151011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1202151011_BAB_V.pdf
Download (139kB)
1202151011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (363kB)
1202151011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok teknik
cognitive restructuring terhadap perilaku bullying pada siswa kelas VIII di SMP
Negeri 29 Medan T.A 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
dengan menggunakan kuasi eksperimen. Subjek pada penelitian ini adalah 6 orang
siswa SMP Negeri 29 Medan. Penelitian ini terdiri dari 4 kali pertemuan. Hasil
penelitian diketahui nilai rata-rata pre-test sebesar 101.33 dan nilai rata-rata posttest
sebesar 48 dengan selisih perubahan sebesar 53.33. artinya nilai rata-rata
mengatasi perilaku bullying mengalami penurunan setelah diberikan layanan.
Analisis data yang digunakan yaitu uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa ada pengaruh konseling kelompok teknik cognitive restructuring terhadap
perilaku bullying pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 29 Medan T.A 2023/2024.
Hal ini berdasarkan analisis dengan menggunakan uji wilcoxon diperoleh nilai Z
sebesar -2.226 dan diketahui asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0.026. asymp. Sig. (2-
tailed) bernilai 0.026 lebih kecil dari <0.05, maka dapat disimpulkan bahwa
hipotesis diterima.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Perilaku Bullying, Konseling Kelompok, Cognitive Restructuring |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:35 |
| Last Modified: | 23 Jul 2025 08:08 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59917 |
