MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DI SMPN 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024

ASMON, SHAFINA MUTIARA DEWI (2024) MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DI SMPN 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203151020_Cover.pdf] Text
1203151020_Cover.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 1203151020_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203151020_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of 1203151020_Abstrak.pdf] Text
1203151020_Abstrak.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 1203151020_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203151020_Kata_Pengantar.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of 1203151020_Daftar_Isi.pdf] Text
1203151020_Daftar_Isi.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 1203151020_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203151020_Daftar_Tabel.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1203151020_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203151020_Daftar_Gambar.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1203151020_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203151020_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1203151020_BAB_I.pdf] Text
1203151020_BAB_I.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 1203151020_BAB_II.pdf] Text
1203151020_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[thumbnail of 1203151020_BAB_III.pdf] Text
1203151020_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)
[thumbnail of 1203151020_BAB_IV.pdf] Text
1203151020_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1203151020_BAB_V.pdf] Text
1203151020_BAB_V.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 1203151020_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203151020_Daftar_Pustaka.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 1203151020_Lampiran.pdf] Text
1203151020_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar
melalui bimbingan kelompok Di SMPN 11 Medan. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah jpenelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian
tindakan bimbingan dan konseling ( PTBK ). Subjek penelitian ini terdiri dari 8
orang siswa yang di pilih melalui screening. Data dianalisis menggunakan
statistika deskriptif persentase dengan tingkat keberhasilan di atas 75%. Hasil
penelitian 2 siklus dengan siklus 1 sebanyak dua pertemuan dan siklus 2 sebanyak
dua pertemuan. Hasil pra siklus memperoleh skor 483 dengan presentase 48,6%
dan skor rata-rata 60,37 dengan presentase 6,08%. Pada Hasil siklus I menunjukan
peningkatan jumlah skor 601 dengan presentase 60,5% dan skor rata-rata 75,12
dengan presentase 7,57%. Namun hasil siklus I belum mencapai indikator
keberhasil yang diharapkan yaitu di atas 75%, sehingga di lanjutkan pelaksanaan
siklus II. Pada hasil siklus II memperoleh jumlah skor 792 dengan presentase 80%
dan skor rata-rata 99 dengan presentase 9,97%. Dengan demikian, hasil siklus II
sudah mencapai indikator keberhasilan yang di harapkan yaitu diatas 75%,
sehingga pelaksanaan di berhentikan pada siklus II dan menunjukan bahwa
bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemandirian Belajar, Bimbingan Kelompok.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:36
Last Modified: 23 Jul 2025 05:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59899

Actions (login required)

View Item
View Item