PURBA, SARAH NOPERTA RAHEL (2024) HUBUNGAN KECANDUAN MEDIA SOSIAL DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 14 MEDAN T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.
1202451003_Cover.pdf
Download (245kB)
1202451003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (898kB)
1202451003_Abstrak.pdf
Download (124kB)
1202451003_Kata_Pengantar.pdf
Download (436kB)
1202451003_Daftar_Isi.pdf
Download (149kB)
1202451003_Daftar_Tabel.pdf
Download (118kB)
1202451003_Daftar_Gambar.pdf
Download (88kB)
1202451003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (89kB)
1202451003_BAB_I.pdf
Download (440kB)
1202451003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1202451003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (770kB)
1202451003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1202451003_BAB_V.pdf
Download (149kB)
1202451003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (182kB)
1202451003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan kecanduan media sosial dengan keterampilan sosial siswa di SMA Negeri 14 Medan Tahun Ajaran 2024/2025. Pendekatan penelitian ini kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 14 Medan dengan jumlah 61 orang responden dan pengambilan sampel melalui random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesionerskala likert. Dalam penelitian ini keterampilan sosial didukung oleh 7 aspek yaitu komunikasi interpersonal, kemampuan mendengarkan dengan baik, mengungkapkan pendapat dengan jelas, mengontrol emosi, menunjukkan sikap hormat kepada orang lain, berbagi dan bekerjasama, memahami dan merespon perasaan dan prefektif orang lain. Dan kecanduan media sosial didukung oleh 4 aspek yaitu aspek virtual tolerance, virtual communication, virtual problem dan virtual informationa. Berdasarkan analisis deskriptif diketahui seluruh aspek kecanduan media sosial berada pada kategori sedang. Hasil analisis data menunjukkan uji normalitas dengan nilai signifikansi 0,179 > taraf signifikansi 0,05 yang berarti data distribusi normal, uji linearitas dengan signifikansi sebesar 0,173
> 0,05 914 yang berarti terdapat hubungan yang linear antar variabel, danuji koralsi dengan signifikansi -0,644, maka dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang negatif antara kecanduan media sosial dengan keterampilan sosial di SMA Negeri 14 Medan dengan kekuatan korelasi antar kedua variabel yang kuat. Dengan kata lain hipotesis dalam penelitian ini diterima.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Kecanduan Media Sosial, Keterampilan Sosial |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:37 |
| Last Modified: | 23 Jul 2025 05:24 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59894 |
