Awanis, Sapira Amalia Al (2024) PENGARUH KONSELING INDIVIDUAL TEKNIK METAFORA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK SMAN 5 PEMATANG SIANTAR TA. 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
1193151019_Cover.pdf
Download (854kB)
1193151019_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (553kB)
1193151019_Abstrak.pdf
Download (776kB)
1193151019_Kata_Pengantar.pdf
Download (510kB)
1193151019_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
1193151019_Daftar_Tabel.pdf
Download (999kB)
1193151019_Daftar_Gambar.pdf
Download (999kB)
1193151019_Daftar_Lampiran.pdf
Download (201kB)
1193151019_BAB_I.pdf
Download (740kB)
1193151019_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1193151019_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (862kB)
1193151019_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1193151019_BAB_V.pdf
Download (396kB)
1193151019_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
1193151019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kepercayaan diri dengan menggunakan Konseling Individual teknik Metafora dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas XI IPA 2 SMAN 5 Pematang Siantar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu atau Quasi Eksperimental. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI yang terdiri atas 4 orang dengan tingkat kepercayaan diri rendah. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan intrumen kepercayaan diri yang berjumlah 40 item yang sudah valid dan reliabel. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling individual teknik metafora. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh peningkatan kepercayaan diri yang signifikan dari pemberian layanan konseling individual teknik metafora. Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan nilai hitung �ℎ����� = 4. Dan α = 0,05, kemudian n = 4, maka diketahui ������ = 0. Sehingga dari data tersebut dilihat bahwa �ℎ����� > ������, dapat diketahui 4 > 0. Berarti hipotesis penelitian ini diterima. pre-test sebelum diberikan layanan konseling individual teknik metafora sebesar 306 sedangkan hasil post-test atau setelah diberikan layanan konseling individual teknik metafora meningkat sebesar 397. Yang berarti bahwa terjadi perubahan pesentase berupa peningkatan kepercayaan diri peserta didik sebesar 30%. Hal ini menunjukkan ada pengaruh layanan konseling individual teknik metafora pada peningkatan kepercayaan diri peserta didik kelas XI SMAN 5 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023 atau hipotesis dapat diterima.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Konseling Individual Teknik Metafora, Kepercayaan diri |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:37 |
| Last Modified: | 23 Jul 2025 05:20 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59892 |
