PENGARUH KONSELING INDIVIDUAL TEKNIK METAFORA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK SMAN 5 PEMATANG SIANTAR TA. 2022/2023

Awanis, Sapira Amalia Al (2024) PENGARUH KONSELING INDIVIDUAL TEKNIK METAFORA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK SMAN 5 PEMATANG SIANTAR TA. 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193151019_Cover.pdf] Text
1193151019_Cover.pdf

Download (854kB)
[thumbnail of 1193151019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193151019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (553kB)
[thumbnail of 1193151019_Abstrak.pdf] Text
1193151019_Abstrak.pdf

Download (776kB)
[thumbnail of 1193151019_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193151019_Kata_Pengantar.pdf

Download (510kB)
[thumbnail of 1193151019_Daftar_Isi.pdf] Text
1193151019_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1193151019_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193151019_Daftar_Tabel.pdf

Download (999kB)
[thumbnail of 1193151019_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193151019_Daftar_Gambar.pdf

Download (999kB)
[thumbnail of 1193151019_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193151019_Daftar_Lampiran.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 1193151019_BAB_I.pdf] Text
1193151019_BAB_I.pdf

Download (740kB)
[thumbnail of 1193151019_BAB_II.pdf] Text
1193151019_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1193151019_BAB_III.pdf] Text
1193151019_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (862kB)
[thumbnail of 1193151019_BAB_IV.pdf] Text
1193151019_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1193151019_BAB_V.pdf] Text
1193151019_BAB_V.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of 1193151019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193151019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1193151019_Lampiran.pdf] Text
1193151019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kepercayaan diri dengan menggunakan Konseling Individual teknik Metafora dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas XI IPA 2 SMAN 5 Pematang Siantar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu atau Quasi Eksperimental. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI yang terdiri atas 4 orang dengan tingkat kepercayaan diri rendah. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan intrumen kepercayaan diri yang berjumlah 40 item yang sudah valid dan reliabel. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling individual teknik metafora. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh peningkatan kepercayaan diri yang signifikan dari pemberian layanan konseling individual teknik metafora. Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan nilai hitung �ℎ����� = 4. Dan α = 0,05, kemudian n = 4, maka diketahui ������ = 0. Sehingga dari data tersebut dilihat bahwa �ℎ����� > ������, dapat diketahui 4 > 0. Berarti hipotesis penelitian ini diterima. pre-test sebelum diberikan layanan konseling individual teknik metafora sebesar 306 sedangkan hasil post-test atau setelah diberikan layanan konseling individual teknik metafora meningkat sebesar 397. Yang berarti bahwa terjadi perubahan pesentase berupa peningkatan kepercayaan diri peserta didik sebesar 30%. Hal ini menunjukkan ada pengaruh layanan konseling individual teknik metafora pada peningkatan kepercayaan diri peserta didik kelas XI SMAN 5 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023 atau hipotesis dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Konseling Individual Teknik Metafora, Kepercayaan diri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:37
Last Modified: 23 Jul 2025 05:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59892

Actions (login required)

View Item
View Item