SYAHPITRI, PUTRI (2024) PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA SMK SWASTA SETIA BUDI ABADI PERBAUNGAN T. A 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.
1191151024_Cover.pdf
Download (149kB)
1191151024_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (369kB)
1191151024_Abstrak.pdf
Download (60kB)
1191151024_Kata_Pengantar.pdf
Download (189kB)
1191151024_Daftar_Isi.pdf
Download (60kB)
1191151024_Daftar_Tabel.pdf
Download (32kB)
1191151024_Daftar_Gambar.pdf
Download (31kB)
1191151024_Daftar_Lampiran.pdf
Download (33kB)
1191151024_BAB_I.pdf
Download (474kB)
1191151024_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (843kB)
1191151024_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (776kB)
1191151024_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1191151024_BAB_V.pdf
Download (60kB)
1191151024_Daftar_Pustaka.pdf
Download (61kB)
1191151024_Lampiran.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berjudul "Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok untuk
Meningkatkan Self Efficacy Siswa SMK Swasta Setia Budi Abadi Perbaungan
T.A 2024/2025". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas
penerapan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan self efficacy siswa
di SMK Swasta Setia Budi Abadi Perbaungan. Penelitian ini menggunakan desain
tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah angket self
efficacy, yang diisi oleh siswa sebelum dan setelah pelaksanaan bimbingan
kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal (Pra-siklus),
self efficacy siswa terdiri dari 10 siswa (27,8%) dengan kategori rendah, 20 siswa
(55,6%) dengan kategori sedang, dan 6 siswa (16,7%) dengan kategori tinggi.
Setelah pelaksanaan siklus I, terdapat peningkatan di mana 2 siswa (20%) yang
awalnya berada pada kategori sedang beralih ke kategori tinggi. Pada siklus II,
terjadi peningkatan yang lebih signifikan, dengan 9 siswa (90%) berada dalam
kategori tinggi, dan 1 siswa masih berada pada kategori sedang, meskipun
skornya meningkat dibandingkan dengan siklus I. Berdasarkan hasil penelitian ini,
dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok efektif dalam
meningkatkan self efficacy siswa SMK Swasta Setia Budi Abadi Perbaungan.
Melalui bimbingan kelompok teknik diskusi terbukti mampu meningkatkan
persepsi diri siswa mengenai kemampuan mereka, yang pada akhirnya berdampak
positif pada proses pembelajaran mereka.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Bimbingan Kelompok, Self Efficacy, Siswa |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:38 |
| Last Modified: | 23 Jul 2025 04:45 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59876 |
