AFDILLA, NYIMAS (2024) PENERAPAN KEBIASAAN MENCATAT LENGKAP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA SMK SWASTA SITI BANUN SIGAMBAL T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.
1201151003_Cover.pdf
Download (108kB)
1201151003_Lembar_Pengesahan.PDF
Download (869kB)
1201151003_Abstrak.pdf
Download (72kB)
1201151003_Kata_Pengantar.pdf
Download (369kB)
1201151003_Daftar_Isi.pdf
Download (126kB)
1201151003_Daftar_Tabel.pdf
Download (72kB)
1201151003_Daftar_Gambar.pdf
Download (70kB)
1201151003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (71kB)
1201151003_BAB_I.pdf
Download (338kB)
1201151003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (736kB)
1201151003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (712kB)
1201151003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
1201151003_BAB_V.pdf
Download (98kB)
1201151003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (251kB)
1201151003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan metakognitif siswa melalui penerapan kebiasaan mencatat lengkap pada siswa kelas X RPL2 SMK Swasta Siti Banun Sigambal T.A 2024/2025. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan dengan bentuk penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) yang dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X RPL2 SMK Swasta Siti Banun Sigambal yang berjumlah 34 siswa yang memiliki tingkat keterampilan metakognitif yang rendah. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket keterampilan metakognitif berjumlah 31 item pernyataan yang telah valid dan reliabel. Analisis data secara deskriptif dengan cara membandingkan persentase yang dicapai sebelum dan sesudah tindakan penerapan kebiasaan mencatat lengkap. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa sebelum diberi penerapan kebiasaan mencatat lengkap tingkat keterampilan metakognitif siswa rata-rata skor 79 dengan presentase 64%. Setelah diberi tindakan penerapan kebiasaan mencatat lengkap pada siklus I peningkatan rata-rata skor keterampilan metakognitif siswa menjadi 92 dengan presentase 74% dan pada siklus II keterampilan metakognitif siswa menjadi 101 dengan presentase 82%. Sehingga terjadi peningkatan keterampilan metakognitif siswa yang signifikan setelah dilakukan tindakan penerapan kebiasaan mencatat lengkap pada siswa kelas X RPL2 SMK Swasta Siti Banun Sigambal T.A 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Keterampilan Metakognitif, Kebiasaan Mencatat Lengkap |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:38 |
| Last Modified: | 23 Jul 2025 04:40 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59875 |
