PENGARUH BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK FGD(FOCUS GROUP DISCUSSION) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA PRAYATNA MEDAN T.A 2023/2024

RITONGA, NURUL AQMA FEBRIYANI (2024) PENGARUH BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK FGD(FOCUS GROUP DISCUSSION) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA PRAYATNA MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1201151020_Cover.pdf] Text
1201151020_Cover.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 1201151020_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1201151020_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1201151020_Abstrak.pdf] Text
1201151020_Abstrak.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of 1201151020_Kata_Pengantar.pdf] Text
1201151020_Kata_Pengantar.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of 1201151020_Daftar_Isi.pdf] Text
1201151020_Daftar_Isi.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 1201151020_Daftar_Gambar.pdf] Text
1201151020_Daftar_Gambar.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 1201151020_Daftar_Tabel.pdf] Text
1201151020_Daftar_Tabel.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 1201151020_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1201151020_Daftar_Lampiran.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 1201151020_BAB_I.pdf] Text
1201151020_BAB_I.pdf

Download (498kB)
[thumbnail of 1201151020_BAB_II.pdf] Text
1201151020_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (885kB)
[thumbnail of 1201151020_BAB_III.pdf] Text
1201151020_BAB_III.pdf

Download (755kB)
[thumbnail of 1201151020_BAB_IV.pdf] Text
1201151020_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1201151020_BAB_V.pdf] Text
1201151020_BAB_V.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of 1201151020_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1201151020_Daftar_Pustaka.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of 1201151020_Lampiran.pdf] Text
1201151020_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan klasikal teknik FGD (focus discussion group) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI Ips Sma Swasta Prayatna Medan T.A 2023-2024. Pendekatan penelitian ini yaitu eksperimen semu (Quast eksperiment) dengan menggunakan model One Group Pretest-Posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS Swasta Prayatna Medan dengan total populasi 63 responden dan melalui rendom sampling diperoleh 33 siswa yang akan menjadi subjek penelitian pada bimbingan klasikal teknik fgd (focus group discussion). Metode pengumpulan data ini menggunakan obsever dan kuesioner tertutup dengan skala Uji Wilcoxon sebagai uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji Wilcoxon dengan bantuan SPSS Statistic versi 25 dik*etahui bahwa nilai Asymp Sig. (2-tailed) yang kurang dari 0,05 atau 0,00 < 0,05. Data juga menunjukkan bahwa skor rata-rata pre-test adalah 104.58, sementara skor rata-rata post-test adalah 144,30 dengan selisih sebesar 39,73 poin. Ini menunjukkan bahwa skor rata-rata post-test setelah diberikan layanan berupa layanan klasikal fgd (focus group discussion) lebih tinggi daripada skor rata-rata pre-test sebelum diberikan bimbingan klasikal fgd (focus group discussion). Terjadi peningkatan signifikan dalam keterampilan berpikir kritis sebesar 37,99%, setelah diberikan bimbingan klasikal fgd (Focus Group Discussion). Hasil ini menunjukkan bahwa layanan klasikal fgd (Focus Group Discussion) memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI IPS SMA Swasta Prayatna Medan tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Keterampilan Berpikir Kritis, Bimbingan Klasikal, FGD (focus group discussion)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:42
Last Modified: 23 Jul 2025 04:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59871

Actions (login required)

View Item
View Item