PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PERILAKU BULLYING VERBAL PADA SISWA KELAS X SMAN 1 BATANG KUIS

FISKA, NURANISA (2024) PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PERILAKU BULLYING VERBAL PADA SISWA KELAS X SMAN 1 BATANG KUIS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203151033_Cover.pdf] Text
1203151033_Cover.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 1203151033_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203151033_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (860kB)
[thumbnail of 1203151033_Abstrak.pdf] Text
1203151033_Abstrak.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of 1203151033_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203151033_Kata_Pengantar.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of 1203151033_Daftar_Isi.pdf] Text
1203151033_Daftar_Isi.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of 1203151033_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203151033_Daftar_Tabel.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 1203151033_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203151033_Daftar_Gambar.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 1203151033_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203151033_Daftar_Lampiran.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 1203151033_BAB_I.pdf] Text
1203151033_BAB_I.pdf

Download (589kB)
[thumbnail of 1203151033_BAB_II.pdf] Text
1203151033_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1203151033_BAB_III.pdf] Text
1203151033_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (877kB)
[thumbnail of 1203151033_BAB_IV.pdf] Text
1203151033_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (902kB)
[thumbnail of 1203151033_BAB_V.pdf] Text
1203151033_BAB_V.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of 1203151033_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203151033_Daftar_Pustaka.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of 1203151033_Lampiran.pdf] Text
1203151033_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok teknik role playing terhadap perilaku bullying verbal pada siswa kelas X SMAN 1 Batang Kuis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini quasi-eksperimen dengan pre-test dan post-test design. Sampel dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas X memiliki skor perilaku bullying verbal yang tinggi. Data penelitian ini dikumpulkan dengan instrumen perilaku bullying verbal berjumlah 41 item pernyataan yang sudah divalidkan dan reliabel. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan konseling kelompok teknik role playing. Data dianalisis menggunakan uji wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian konseling kelompok teknik role playing terhadap perilaku bullying verbal. Data hasil perhitungan skor rata-rata pre-test diperoleh 133, sedangkan skor rata-rata post-test 74,62. Maka hasil uji jenjang wilcoxon diperoleh Jhitung = 6 sedangkan Jtabel = 4. Maka hasil jenjang uji bertanda wilcoxon untuk n = 8, α = 0,05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel dimana 6 > 4, artinya hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruh konseling kelompok teknik role playing terhadap perilaku bullying verbal pada siswa kelas X SMAN 1 Batang Kuis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Konseling Kelompok, Teknik Role Playing, Perilaku Bullying Verbal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:42
Last Modified: 23 Jul 2025 04:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59870

Actions (login required)

View Item
View Item