FISKA, NURANISA (2024) PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PERILAKU BULLYING VERBAL PADA SISWA KELAS X SMAN 1 BATANG KUIS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203151033_Cover.pdf
Download (164kB)
1203151033_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (860kB)
1203151033_Abstrak.pdf
Download (342kB)
1203151033_Kata_Pengantar.pdf
Download (354kB)
1203151033_Daftar_Isi.pdf
Download (380kB)
1203151033_Daftar_Tabel.pdf
Download (268kB)
1203151033_Daftar_Gambar.pdf
Download (266kB)
1203151033_Daftar_Lampiran.pdf
Download (270kB)
1203151033_BAB_I.pdf
Download (589kB)
1203151033_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203151033_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (877kB)
1203151033_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (902kB)
1203151033_BAB_V.pdf
Download (295kB)
1203151033_Daftar_Pustaka.pdf
Download (297kB)
1203151033_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok teknik role playing terhadap perilaku bullying verbal pada siswa kelas X SMAN 1 Batang Kuis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini quasi-eksperimen dengan pre-test dan post-test design. Sampel dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas X memiliki skor perilaku bullying verbal yang tinggi. Data penelitian ini dikumpulkan dengan instrumen perilaku bullying verbal berjumlah 41 item pernyataan yang sudah divalidkan dan reliabel. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan konseling kelompok teknik role playing. Data dianalisis menggunakan uji wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian konseling kelompok teknik role playing terhadap perilaku bullying verbal. Data hasil perhitungan skor rata-rata pre-test diperoleh 133, sedangkan skor rata-rata post-test 74,62. Maka hasil uji jenjang wilcoxon diperoleh Jhitung = 6 sedangkan Jtabel = 4. Maka hasil jenjang uji bertanda wilcoxon untuk n = 8, α = 0,05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel dimana 6 > 4, artinya hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruh konseling kelompok teknik role playing terhadap perilaku bullying verbal pada siswa kelas X SMAN 1 Batang Kuis.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Konseling Kelompok, Teknik Role Playing, Perilaku Bullying Verbal |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:42 |
| Last Modified: | 23 Jul 2025 04:24 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59870 |
