NAPITUPULU, INDIRA BEKTY JWILIYANI (2024) PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING BAGI KEMANDIRIAN SISWA TUNAGRAHITA DI SLB ABC MELATI AISYIYAH DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
1183351012_Cover.pdf
Download (44kB)
1183351012_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (369kB)
1183351012_Abstrak.pdf
Download (204kB)
1183351012_Kata_Pengantar.pdf
Download (329kB)
1183351012_Daftar_Isi.pdf
Download (139kB)
1183351012_Daftar_Tabel.pdf
Download (110kB)
1183351012_Daftar_Gambar.pdf
Download (136kB)
1183351012_Daftar_Lampiran.pdf
Download (110kB)
1183351012_BAB_I.pdf
Download (455kB)
1183351012_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1183351012_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (549kB)
1183351012_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1183351012_BAB_V.pdf
Download (260kB)
1183351012_Daftar_Pustaka.pdf
Download (167kB)
1183351012_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui gambaran umum masalah
kemandirian siswa tunagrahita di SLB ABC Melati Aisyiah, (2) mengetahui
gambaran kebutuhan akan kemandirian siswa tunagrahita di SLB ABC Melati
Aisyiah dan, (3) merumuskan program hipotetik yang sesuai bagi kemandirian
siswa tunagrahita di SLB ABC Melati Aisyiah Deli Serdang. Metode dalam
penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data
primer pada penelitian ini yaitu 5 orang siswa tunagrahita sedangkan data
sekunder dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru pembina tunagrahita serta 5
orangtua siswa tunagrahita. Teknik pengumpulan data yang dilakukan
menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data
dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan
keaimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah kemandirian siswa
tunagrahita di SLB ABC Melati Aisyiyah Deli Serdang dibagi menjadi tiga aspek
yang mencakup kemandirian membersihakan dan merapihkan diri, kemandirian
berbusana, serta kemandirian makan dan minum. Adapun kebutuhan kemandirian
yang diperoleh dari masing-masing aspek adalah sebagai berikut, menggosok
badan sendiri saat mandi; menyesaikan urutan mandi dengan benar; menggosok
gigi dengan benar mengoles pasta gigi dengan benar; membersihkan kembali sikat
gigi; menyisir rambut sendiri menyesuaikan pakaian dengan kegiatan;
mengenakan pakaian dengan benar; mengancingkan pakaian dengan benar;
mengenali sisi sepatu/ sendal yang benar; mengikat tali sepatu sendiri; makan
menggunakan tangan yang bersih, makan dengan tertib; merapikan kembali
peralatan makan. Untuk peneliti selanjutnya, diharapkan program ini dapat diuji
efektivitasnya dalam pengembangan kemandirian siswa tunagrahita di SLB ABC
Melati Aisyiyah Deli Serdang tahun ajaran 2023/2024.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Program Bimbingan Konseling, Kemandirian, Tunagrahita |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:46 |
| Last Modified: | 25 Aug 2025 08:34 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59841 |
