PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING BAGI KEMANDIRIAN SISWA TUNAGRAHITA DI SLB ABC MELATI AISYIYAH DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2022/2023

APITUPULU, INDIRA BEKTY JWILIYANI (2024) PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING BAGI KEMANDIRIAN SISWA TUNAGRAHITA DI SLB ABC MELATI AISYIYAH DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1183351012_Cover.pdf] Text
1183351012_Cover.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 1183351012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1183351012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of 1183351012_Abstrak.pdf] Text
1183351012_Abstrak.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 1183351012_Kata_Pengantar.pdf] Text
1183351012_Kata_Pengantar.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of 1183351012_Daftar_Isi.pdf] Text
1183351012_Daftar_Isi.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 1183351012_Daftar_Gambar.pdf] Text
1183351012_Daftar_Gambar.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 1183351012_Daftar_Tabel.pdf] Text
1183351012_Daftar_Tabel.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1183351012_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1183351012_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1183351012_BAB_I.pdf] Text
1183351012_BAB_I.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of 1183351012_BAB_V.pdf] Text
1183351012_BAB_V.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 1183351012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1183351012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (167kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui gambaran umum masalah
kemandirian siswa tunagrahita di SLB ABC Melati Aisyiah, (2) mengetahui
gambaran kebutuhan akan kemandirian siswa tunagrahita di SLB ABC Melati
Aisyiah dan, (3) merumuskan program hipotetik yang sesuai bagi kemandirian
siswa tunagrahita di SLB ABC Melati Aisyiah Deli Serdang. Metode dalam
penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data
primer pada penelitian ini yaitu 5 orang siswa tunagrahita sedangkan data
sekunder dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru pembina tunagrahita serta 5
orangtua siswa tunagrahita. Teknik pengumpulan data yang dilakukan
menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data
dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan
keaimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah kemandirian siswa
tunagrahita di SLB ABC Melati Aisyiyah Deli Serdang dibagi menjadi tiga aspek
yang mencakup kemandirian membersihakan dan merapihkan diri, kemandirian
berbusana, serta kemandirian makan dan minum. Adapun kebutuhan kemandirian
yang diperoleh dari masing-masing aspek adalah sebagai berikut, menggosok
badan sendiri saat mandi; menyesaikan urutan mandi dengan benar; menggosok
gigi dengan benar mengoles pasta gigi dengan benar; membersihkan kembali sikat
gigi; menyisir rambut sendiri menyesuaikan pakaian dengan kegiatan;
mengenakan pakaian dengan benar; mengancingkan pakaian dengan benar;
mengenali sisi sepatu/ sendal yang benar; mengikat tali sepatu sendiri; makan
menggunakan tangan yang bersih, makan dengan tertib; merapikan kembali
peralatan makan. Untuk peneliti selanjutnya, diharapkan program ini dapat diuji
efektivitasnya dalam pengembangan kemandirian siswa tunagrahita di SLB ABC
Melati Aisyiyah Deli Serdang tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Program Bimbingan Konseling, Kemandirian, Tunagrahita
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:46
Last Modified: 21 Jul 2025 08:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59841

Actions (login required)

View Item
View Item