SITEPU, GRACEYA ERSITA (2024) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KLASIKAL METODE PROBLEM BASED LEARNING MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DALAM MENGATUR WAKTU SISWA KELAS X SMA CAHAYA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203151023_Cover.pdf
Download (87kB)
1203151023_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1203151023_Abstrak.pdf
Download (143kB)
1203151023_Kata_Pengantar.pdf
Download (452kB)
1203151023_Daftar_Isi.pdf
Download (295kB)
1203151023_Daftar_Tabel.pdf
Download (74kB)
1203151023_Daftar_Gambar.pdf
Download (72kB)
1203151023_Daftar_Lampiran.pdf
Download (74kB)
1203151023_BAB_I.pdf
Download (1MB)
1203151023_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
1203151023_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
1203151023_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
1203151023_BAB_V.pdf
Download (364kB)
1203151023_Daftar_Pustaka.pdf
Download (382kB)
1203151023_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan metakognitif
dalam mengatur waktu belajar siswa melalui layanan bimbingan klasikal
metode Problem Based Learning pada siswa kelas X4 SMA CAHAYA
MEDAN. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan dengan
bentuk penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) yang dilaksanakan
dalam satu siklus, yaitu siklus I. Subjek penelitian ini adalah peserta didik
kelas X4 SMA CAHAYA MEDAN yang berjumlah 35 siswa. Data penelitian
dikumpulkan dengan angket keterampilan metakognitif dalam mengatur
waktu belajar berjumlah 40 item. Data dianalisis secara deskriptif dengan cara
membandingkan persentase yang dicapai sebelum dan sesudah
dilaksanakannya bimbingan klasikal metode Problem Based Learning.
Berdasarkan hasil penelitian sebelum dilakukan bimbingan klasikal metode
Problem Based Learning tingkat keterampilan metakognitif dalam mengatur
waktu belajar siswa rata-rata skor 110 dengan presentase 69 %. Setelah
diberikan tindakan bimbingan klasikal metode Problem Based Learning
siklus I peningkatan skor keterampilan metakognitif dalam mengatur waktu
belajar siswa rata-rata skor 136 dengan presentase 85 %. Sehingga terjadi
peningkatan keterampilan metakognitif dalam mengatur waktu belajar siswa
yang cukup signifikan setelah dilaksanakan bimbingan klasikal metode
Problem Based Learning pada siswa kelas X4 SMA CAHAYA MEDAN.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Bimbingan Klasikal, Keterampilan Metakognitif, Mengatur waktu belajar, Problem Based Learning. |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:47 |
| Last Modified: | 23 Jul 2025 02:32 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59834 |
