EFEKTIVITAS BIMBINGAN KLASIKAL METODE PROBLEM BASED LEARNING MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DALAM MENGATUR WAKTU SISWA KELAS X SMA CAHAYA MEDAN

SITEPU, GRACEYA ERSITA (2024) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KLASIKAL METODE PROBLEM BASED LEARNING MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DALAM MENGATUR WAKTU SISWA KELAS X SMA CAHAYA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203151023_Cover.pdf] Text
1203151023_Cover.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 1203151023_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203151023_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203151023_Abstrak.pdf] Text
1203151023_Abstrak.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 1203151023_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203151023_Kata_Pengantar.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of 1203151023_Daftar_Isi.pdf] Text
1203151023_Daftar_Isi.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of 1203151023_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203151023_Daftar_Tabel.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 1203151023_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203151023_Daftar_Gambar.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 1203151023_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203151023_Daftar_Lampiran.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 1203151023_BAB_I.pdf] Text
1203151023_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203151023_BAB_II.pdf] Text
1203151023_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 1203151023_BAB_III.pdf] Text
1203151023_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 1203151023_BAB_IV.pdf] Text
1203151023_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 1203151023_BAB_V.pdf] Text
1203151023_BAB_V.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of 1203151023_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203151023_Daftar_Pustaka.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of 1203151023_Lampiran.pdf] Text
1203151023_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan metakognitif
dalam mengatur waktu belajar siswa melalui layanan bimbingan klasikal
metode Problem Based Learning pada siswa kelas X4 SMA CAHAYA
MEDAN. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan dengan
bentuk penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) yang dilaksanakan
dalam satu siklus, yaitu siklus I. Subjek penelitian ini adalah peserta didik
kelas X4 SMA CAHAYA MEDAN yang berjumlah 35 siswa. Data penelitian
dikumpulkan dengan angket keterampilan metakognitif dalam mengatur
waktu belajar berjumlah 40 item. Data dianalisis secara deskriptif dengan cara
membandingkan persentase yang dicapai sebelum dan sesudah
dilaksanakannya bimbingan klasikal metode Problem Based Learning.
Berdasarkan hasil penelitian sebelum dilakukan bimbingan klasikal metode
Problem Based Learning tingkat keterampilan metakognitif dalam mengatur
waktu belajar siswa rata-rata skor 110 dengan presentase 69 %. Setelah
diberikan tindakan bimbingan klasikal metode Problem Based Learning
siklus I peningkatan skor keterampilan metakognitif dalam mengatur waktu
belajar siswa rata-rata skor 136 dengan presentase 85 %. Sehingga terjadi
peningkatan keterampilan metakognitif dalam mengatur waktu belajar siswa
yang cukup signifikan setelah dilaksanakan bimbingan klasikal metode
Problem Based Learning pada siswa kelas X4 SMA CAHAYA MEDAN.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bimbingan Klasikal, Keterampilan Metakognitif, Mengatur waktu belajar, Problem Based Learning.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:47
Last Modified: 23 Jul 2025 02:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59834

Actions (login required)

View Item
View Item