TOGATOROP, ENJELITA (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK METODE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203351003_Cover.pdf
Download (51kB)
1203351003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (377kB)
1203351003_Abstrak.pdf
Download (141kB)
1203351003_Kata_Pengantar.pdf
Download (340kB)
1203351003_Daftar_Isi.pdf
Download (229kB)
1203351003_Daftar_Tabel.pdf
Download (177kB)
1203351003_Daftar_Gambar.pdf
Download (110kB)
1203351003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (137kB)
1203351003_BAB_I.pdf
Download (371kB)
1203351003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203351003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203351003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203351003_BAB_V.pdf
Download (165kB)
1203351003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (244kB)
1203351003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan metakognitif melalui
layanan bimbingan kelompok metode problem solving pada siswa kelas XI IPS 1
SMA Negeri 7 Medan. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian
Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK). Subjek dalam penelitian ini adalah 8
orang siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Medan yang tingkat keterampilan
metakognitifnya 5 orang ketegori rendah, 2 orang kategori sedang dan 1 orang
kategori tinggi. Instrumen yang digunakan adalah Inventori keterampilan
metakognitif. Instrumen diberikan sebelum atau pra-siklus, sesudah siklus I, dan
sesudah siklus II layanan bimbingan kelompok metode problem solving. Data
dianalisis dengan menggunakan data kuantitatif dan kualitatif, proses analisis data
kuantitatif dalam penelitian ini dilakukan setelah hasil penyebaran instrumen.
Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase dengan menguraikan
hasil dari penilaian acuan kriteria diantaranya mencari skor maksimal, skor
minimal, mean, dan standar deviasi untuk menggambarkan kategorisasi tinggi,
sedang, dan rendah. Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) dapat
dikatakan berhasil jika indicator kerbhasilnnya mencapai 75%. Hasil penelitian
ini diperoleh perhitungan pra-siklus menunjukkan 7 dari 8 siswa memiliki tingkat
keterampilan metakonigtif yang tidak tinggi namun seteleh diberikan layanan
melalui siklus I menjadi 37 % namun kurang berhasil maka dilakukan siklus II
dan hasilnya meningkat menjadi 87% dan dapat dikatakan berhasil. Maka
hipotesis Tindakan yang berbunyi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok
Metode Problem Solving dapat Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Pada
Siswa Kelas XI SMA N 7 Medan berhasil dilaksnakaan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Keterampilan Metakognitif, Bimbingan Kelompok Metode Problem Solving |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:49 |
| Last Modified: | 22 Jul 2025 08:46 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59824 |
