PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTSN) KABUPATEN ACEH TIMUR

Yusfita, Nova (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTSN) KABUPATEN ACEH TIMUR. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8146121030 Cover.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8146121030 Cover.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8146121030 Pengesahan + Persetujuan + Plagiat.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8146121030 Pengesahan + Persetujuan + Plagiat.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8146121030 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8146121030 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8146121030 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8146121030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8146121030 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8146121030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8146121030 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8146121030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8146121030 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8146121030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8146121030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8146121030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8146121030 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8146121030 BAB I.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8146121030 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8146121030 BAB V.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8146121030 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8146121030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar fikih siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran peta konsep dan hasil belajar fikih siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar fikih siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis tinggi dan hasil belajar fikih siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis rendah, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar fikih. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII MTsN Simpang Ulim Kabupaten Aceh Timur dan siswa kelas VIII MTsN Kuta Binjei Kabupaten Aceh Timur. Populasi Penelitian adalah (150 orang) dan sampelnya (80 orang) yaitu kelas VIII-1 dan VIII-2 MTsN Simpang Ulim ditetapkan strategi pembelajaran peta konsep dan kelas VIII-1 dan VIII-2 MTsN Kuta Binjei ditetapkan strategi pembelajaran ekspositori. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan Cluster Random Sampling. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava dua jalur desain faktorial 2x2 (Two Way Anava 2x2) dengan taraf signifikansi α = 0.05, yang sebelumnya dilakukan dulu uji persyaratan analisis data yaitu Uji Normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Barlett dan uji Fisher. Uji lanjut dengan menggunakan uji Tukey. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) hasil belajar fikih siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran peta konsep lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar fikih siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori pada taraf signifikansi α = 0.05. F_h sebesar 11.15 dan F_(t )untuk taraf signifikansi α = 0.05 dengan derajat kebebasan d_(k (1:76)) sebesar 1.99 (2) hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar fikih siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis rendah pada taraf signifikansi α = 0.05. F_h sebesar 2.44 dan F_(t )untuk taraf signifikansi α = 0.05 dengan derajat kebebasan d_(k (1:76)) sebesar 1.99dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar fikih siswa pada taraf signifikansi α = 0.05. F_h sebesar 51.47 dan F_(t )untuk taraf signifikansi α = 0.05 dengan derajat kebebasan d_(k (1:76)) sebesar 1.99. Implementasinya adalah strategi pembelajaran peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar fikih siswa. Oleh karena itu guruh fikih disarankan untuk menggunakan strategi pembelajaran peta konsep supaya memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.84 Yus p
Keywords: Strategi pmbelajaran; Pembelajaran Ekspositori; Berpikir logis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC321 Religion and education
L Education > LC Special aspects of education > LC901 Islamic education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Jun 2016 07:21
Last Modified: 23 Jun 2016 07:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5982

Actions (login required)

View Item
View Item