PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGEMBANGKAN INTERAKSI SOSIAL ANAK DOWN SYNDROME DI UPT SLB E NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SUMATERA UTARA T.A 2023/2024

-, Aklima (2024) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGEMBANGKAN INTERAKSI SOSIAL ANAK DOWN SYNDROME DI UPT SLB E NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SUMATERA UTARA T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202451004_Cover.pdf] Text
1202451004_Cover.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 1202451004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202451004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of 1202451004_Abstrak.pdf] Text
1202451004_Abstrak.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 1202451004_Kata_Pengantar.pdf] Text
1202451004_Kata_Pengantar.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 1202451004_Daftar_Isi.pdf] Text
1202451004_Daftar_Isi.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 1202451004_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202451004_Daftar_Tabel.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1202451004_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202451004_Daftar_Gambar.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 1202451004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202451004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1202451004_BAB_I.pdf] Text
1202451004_BAB_I.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of 1202451004_BAB_II.pdf] Text
1202451004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1202451004_BAB_III.pdf] Text
1202451004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[thumbnail of 1202451004_BAB_IV.pdf] Text
1202451004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 1202451004_BAB_V.pdf] Text
1202451004_BAB_V.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 1202451004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202451004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of 1202451004_Lampiran.pdf] Text
1202451004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi sosial anak down syndrome
dilingkungan sekolah dan peran guru BK dalam mengembangkan interaksi sosial
mereka pada tahun ajaran 2023/2024 di UPT SLB E Negeri Pembina Tingkat
Provinsi SUMUT. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas subjek primer dan
sekunder, dimana satu orang guru BK sebagai subjek primer, dan dua orang guru
kelas tunagrahita, dua orang tua siswa sebagai subjek sekunder. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan
data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Penelitian
ini dianalisis menggunakan triangulasi teknik koding. Hasil penelitian yang didapat
dari bulan februari hingga bulan mei tahun 2024, didapatkan bahwa anak down
syndrome dapat berinteraksi dengan lingkungan sosial di sekolah dengan
memanfaatkan sebelas kontak sosial dan komunikasi seperti dapat bersentuhan,
dapat tersenyum, memiliki kemampuan percakapan, memiliki rasa saling mengerti,
mau bekerjasama, memiliki keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif, kesamaan
seperti ikatan batin, memiliki respon negatif, dan terdapat dua belas peran guru BK
dalam mengembangkan interaksi sosial mereka diantaranya delapan peran yang
sering muncul adalah peran sebagai konsultan, transmitter, inisiator, konselor,
mediator, motivator, director, dan informator. Lima peran lainnya yang jarang
muncul namun tetap memiliki sumbangsih dalam interaksi anak down syndrome
yaitu peran sebagai koordinator, fasilitator, organisator, dan evaluator.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Interaksi Sosial; Anak Down syndrome; Peran Guru BK
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:55
Last Modified: 22 Jul 2025 04:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59784

Actions (login required)

View Item
View Item