PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL (SOCIAL SKILL) SISWA DI SMAN 18 MEDAN

SITANGGANG, AGITHA NATALEE (2024) PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL (SOCIAL SKILL) SISWA DI SMAN 18 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203151040_Cover.pdf] Text
1203151040_Cover.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of 1203151040_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203151040_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203151040_Abstrak.pdf] Text
1203151040_Abstrak.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of 1203151040_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203151040_Kata_Pengantar.pdf

Download (524kB)
[thumbnail of 1203151040_Daftar_Isi.pdf] Text
1203151040_Daftar_Isi.pdf

Download (529kB)
[thumbnail of 1203151040_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203151040_Daftar_Tabel.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 1203151040_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203151040_Daftar_Gambar.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of 1203151040_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203151040_Daftar_Lampiran.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of 1203151040_BAB_I.pdf] Text
1203151040_BAB_I.pdf

Download (835kB)
[thumbnail of 1203151040_BAB_II.pdf] Text
1203151040_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1203151040_BAB_III.pdf] Text
1203151040_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1203151040_BAB_IV.pdf] Text
1203151040_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1203151040_BAB_V.pdf] Text
1203151040_BAB_V.pdf

Download (675kB)
[thumbnail of 1203151040_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203151040_Daftar_Pustaka.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of 1203151040_Lampiran.pdf] Text
1203151040_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok teknik sosiodrama terhadap Keterampilan sosial (social skill) pada siswa di SMAN 18 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini quasi-eksperimen dengan pre-test dan post-test design. Sampel dalam penelitian ini adalah 7 orang siswa kelas XII IPS 1 yang memiliki skor Keterampilan sosial (social skill) yang rendah. Data penelitian ini dikumpulkan dengan instrumen Keterampilan sosial (social skill) berjumlah 31 item pernyataan yang sudah divalidkan dan reliabel. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan konseling kelompok teknik Sosiodrama. Data dianalisis menggunakan uji wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian konseling kelompok teknik sosiodrama terhadap Keterampilan sosial siswa. Data hasil perhitungan skor rata-rata pre-test diperoleh 58,43, sedangkan skor rata-rata post-test 87,85. Maka hasil uji jenjang wilcoxon diperoleh Jhitung = 6 sedangkan Jtabel = 2. Maka hasil jenjang uji bertanda wilcoxon untuk n = 7, α = 0,05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel dimana 6 > 2, artinya hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruh konseling kelompok teknik sosiodrama terhadap Keterampilan sosial (social skill) siswa di SMAN 18 Medan..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Konseling Kelompok, Teknik Sosiodrama, Keterampilan sosial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:56
Last Modified: 22 Jul 2025 03:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59779

Actions (login required)

View Item
View Item