PENERAPAN PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TARI TERANG BULAN BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENARI BAGI SISWA KELAS X SMA AL-AZHAR MEDAN

PRAKASA, SHAELA (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TARI TERANG BULAN BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENARI BAGI SISWA KELAS X SMA AL-AZHAR MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2193141005_Cover.pdf] Text
2193141005_Cover.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 2193141005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2193141005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (565kB)
[thumbnail of 2193141005_Abstrak.pdf] Text
2193141005_Abstrak.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 2193141005_Kata_Pengantar.pdf] Text
2193141005_Kata_Pengantar.pdf

Download (391kB)
[thumbnail of 2193141005_Daftar_Isi.pdf] Text
2193141005_Daftar_Isi.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 2193141005_Daftar_Gambar.pdf] Text
2193141005_Daftar_Gambar.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 2193141005_Daftar_Tabel.pdf] Text
2193141005_Daftar_Tabel.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 2193141005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2193141005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 2193141005_BAB_I.pdf] Text
2193141005_BAB_I.pdf

Download (391kB)
[thumbnail of 2193141005_BAB_V.pdf] Text
2193141005_BAB_V.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 2193141005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2193141005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (62kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menari siswa dengan
menerapkan model pembelajaran Active Learning yang dilaksanakan pada kelas X
SMA Al-Azhar Medan. Materi penelitian ini berpusat pada KD 4.2. Menampilkan
Ragam Gerak Dasar Tari Sesuai dengan Iringan Musik. Jenis metode deskriptif
kuantitatif dan Desain penelitian yang dapat dilakukan adalah Tipe One Group
Pretest-Posttest Design, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara
observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori
Sinar (2018: 54-93) Pembelajaran Active Learning mengikuti model: (1)
Perencanaan (Planning) (2) pelaksanaan (Acting), (3) pengamatan atau observasi
(Observing), (4) refleksi (Reflecting). Hasil penelitian yang diperoleh adalah Nilai
pretest sebesar 38% sebagai bentuk kemampuan awal, sedangkan nilai posttest
mencapai 62%. Dengan memperoleh nilai posttest Thitung>Ttabel (2,308>1,694).
nilai rata-rata pretest 54,26 sedangkan nilai rata-rata posttest mencapai 90,20.
Sehingga tahap refleksi dalam pembelajaran Active Learning di kelas X UG B
semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penerapan, Active Learning, Tari Terang Bulan, Berbasis Website
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 14 Feb 2025 09:16
Last Modified: 14 Feb 2025 09:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59722

Actions (login required)

View Item
View Item