PRAKASA, SHAELA (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TARI TERANG BULAN BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENARI BAGI SISWA KELAS X SMA AL-AZHAR MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2193141005_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193141005_Cover.pdf
Download (44kB)
![[thumbnail of 2193141005_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193141005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (565kB)
![[thumbnail of 2193141005_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193141005_Abstrak.pdf
Download (34kB)
![[thumbnail of 2193141005_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193141005_Kata_Pengantar.pdf
Download (391kB)
![[thumbnail of 2193141005_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193141005_Daftar_Isi.pdf
Download (64kB)
![[thumbnail of 2193141005_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193141005_Daftar_Gambar.pdf
Download (32kB)
![[thumbnail of 2193141005_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193141005_Daftar_Tabel.pdf
Download (246kB)
![[thumbnail of 2193141005_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193141005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (32kB)
![[thumbnail of 2193141005_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193141005_BAB_I.pdf
Download (391kB)
![[thumbnail of 2193141005_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193141005_BAB_V.pdf
Download (62kB)
![[thumbnail of 2193141005_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193141005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (62kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menari siswa dengan
menerapkan model pembelajaran Active Learning yang dilaksanakan pada kelas X
SMA Al-Azhar Medan. Materi penelitian ini berpusat pada KD 4.2. Menampilkan
Ragam Gerak Dasar Tari Sesuai dengan Iringan Musik. Jenis metode deskriptif
kuantitatif dan Desain penelitian yang dapat dilakukan adalah Tipe One Group
Pretest-Posttest Design, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara
observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori
Sinar (2018: 54-93) Pembelajaran Active Learning mengikuti model: (1)
Perencanaan (Planning) (2) pelaksanaan (Acting), (3) pengamatan atau observasi
(Observing), (4) refleksi (Reflecting). Hasil penelitian yang diperoleh adalah Nilai
pretest sebesar 38% sebagai bentuk kemampuan awal, sedangkan nilai posttest
mencapai 62%. Dengan memperoleh nilai posttest Thitung>Ttabel (2,308>1,694).
nilai rata-rata pretest 54,26 sedangkan nilai rata-rata posttest mencapai 90,20.
Sehingga tahap refleksi dalam pembelajaran Active Learning di kelas X UG B
semakin meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penerapan, Active Learning, Tari Terang Bulan, Berbasis Website |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 09:16 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 09:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59722 |