PENGARUH PENDEKATAN METAKOGNITIF BERBANTUAN FLIP PDF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMP

Irawan, Sri Septia (2024) PENGARUH PENDEKATAN METAKOGNITIF BERBANTUAN FLIP PDF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203311005_Cover.pdf] Text
4203311005_Cover.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 4203311005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203311005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (651kB)
[thumbnail of 4203311005_Abstrak.pdf] Text
4203311005_Abstrak.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 4203311005_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203311005_Kata_Pengantar.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of 4203311005_Daftar_Isi.pdf] Text
4203311005_Daftar_Isi.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 4203311005_BAB_I.pdf] Text
4203311005_BAB_I.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of 4203311005_BAB_V.pdf] Text
4203311005_BAB_V.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 4203311005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203311005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (133kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan tujuannya adalah agar mengetahui
pengaruh dari pendekatan metakognitif berbantuan Flip Pdf terhadap pemahaman
konsep. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah agar mengetahui apakah
terdapat pengaruh pendekatan metakognitif berbantuan Flip Pdf terhadap
kemampuan pemahaman konsep matemetis siswa di smp lebih baik daripada hanya
menggunakan pembelajaran biasa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi
eksperimental design, Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/siswi SMP
Harapan 1 Medan yang berjumlah 30 siswa/siswi dengan kelas eksperimen yaitu
kelas VIII – A dan kelas kontrol yaitu kelas VIII – C. Pada kelas eksperimen
diberikan tindakan dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan
metakognitif berbantuan Flip Pdf, sedangakan pada kelas kontrol tidak diberikan
perlakukan dan hanya menggunakan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan
pada kedua kelas penelitian yaitu menggunakan pretest dan juga posttest.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah ilakukan bahwasannya terdapat pengaruh
pendekatan metakognitif berbantuan Flip Pdf terhadap kemampuan pemahaman
konsep matematis siswa lebih baik pada kelas eksperiman dibandingkan dengan
kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran biasa terhadap kemampuan
pemahaman konsep matematisnya. hal tersebut dibuktikan berdasarkan data yang
diperoleh dari pengujian dengan menggunakan uji uji Independent Sample T – test
dapat diperoleh bahwasannya ������� = 2,754 dan ������ = 1,671, dengan taraf
signifikansi � = 5% dan df = 58. yang artinya ������� > ������ (2,754 > 1,671),
dan persentase ketuntasan klasikal 86,6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pendekatan metakognitif, Flip PDF, Kemampuan pemahaman konsep matematis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Feb 2025 04:27
Last Modified: 14 Feb 2025 04:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59698

Actions (login required)

View Item
View Item