PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Tobing, Royana Periyanti Lbn (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111126_Cover.pdf] Text
4203111126_Cover.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 4203111126_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111126_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of 4203111126_Abstrak.pdf] Text
4203111126_Abstrak.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 4203111126_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111126_Kata_Pengantar.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of 4203111126_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111126_Daftar_Isi.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 4203111126_BAB_I.pdf] Text
4203111126_BAB_I.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 4203111126_BAB_V.pdf] Text
4203111126_BAB_V.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of 4203111126_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111126_Daftar_Pustaka.pdf

Download (141kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi segi empat di kelas VII SMP Islam Al-Fadhli Medan T.A 2023/20224. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik di kelas VII-1 SMP Islam Al-Fadhli Medan. Sedangkan objek dalam penelitian ini yaitu penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini dilakukan hanya pada satu kelas. Instrumen penelitian ini observasi dan tes. Berdasarkan analisis data kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang dilaksanakan diperoleh hasil observasi aktivitas siswa saat proses pembelajaran yaitu 3,6 dalam kategori sangat aktif, tercapainya ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu terdapat 86,36% siswa memperoleh persentase penilaian hasil ≥ 70, tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dengan memperoleh proporsi jawaban benar siswa ≥ 70, terdapat pertambahan rata-rata persentase kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada siklus I yaitu 67,58 % dan siklus II yaitu 82,58%. Hal ini berarti pembelajaran yang dilaksanakan telah berhasil, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi segitiga di kelas VII SMP Islam Al-Fadhli Medan T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Feb 2025 02:57
Last Modified: 14 Feb 2025 02:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59685

Actions (login required)

View Item
View Item