Tobing, Royana Periyanti Lbn (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203111126_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111126_Cover.pdf
Download (39kB)
![[thumbnail of 4203111126_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111126_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (289kB)
![[thumbnail of 4203111126_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111126_Abstrak.pdf
Download (79kB)
![[thumbnail of 4203111126_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111126_Kata_Pengantar.pdf
Download (454kB)
![[thumbnail of 4203111126_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111126_Daftar_Isi.pdf
Download (41kB)
![[thumbnail of 4203111126_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111126_BAB_I.pdf
Download (167kB)
![[thumbnail of 4203111126_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111126_BAB_V.pdf
Download (12kB)
![[thumbnail of 4203111126_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111126_Daftar_Pustaka.pdf
Download (141kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi segi empat di kelas VII SMP Islam Al-Fadhli Medan T.A 2023/20224. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik di kelas VII-1 SMP Islam Al-Fadhli Medan. Sedangkan objek dalam penelitian ini yaitu penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini dilakukan hanya pada satu kelas. Instrumen penelitian ini observasi dan tes. Berdasarkan analisis data kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang dilaksanakan diperoleh hasil observasi aktivitas siswa saat proses pembelajaran yaitu 3,6 dalam kategori sangat aktif, tercapainya ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu terdapat 86,36% siswa memperoleh persentase penilaian hasil ≥ 70, tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dengan memperoleh proporsi jawaban benar siswa ≥ 70, terdapat pertambahan rata-rata persentase kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada siklus I yaitu 67,58 % dan siklus II yaitu 82,58%. Hal ini berarti pembelajaran yang dilaksanakan telah berhasil, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi segitiga di kelas VII SMP Islam Al-Fadhli Medan T.A 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 02:57 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59685 |