Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Bangun Datar Menurut Klasifikasi Kastolan di SMP N 35 Medan Tahun Ajaran 2023/2024.

Matanari, Rikha Indayani (2024) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Bangun Datar Menurut Klasifikasi Kastolan di SMP N 35 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202411012_Cover.pdf] Text
4202411012_Cover.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 4202411012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202411012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (503kB)
[thumbnail of 4202411012_Abstrak.pdf] Text
4202411012_Abstrak.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 4202411012_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202411012_Kata_Pengantar.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 4202411012_Daftar_Isi.pdf] Text
4202411012_Daftar_Isi.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 4202411012_BAB_I.pdf] Text
4202411012_BAB_I.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of 4202411012_BAB_V.pdf] Text
4202411012_BAB_V.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 4202411012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202411012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (266kB)

Abstract

Penelititan ini dilatar belakangi oleh kesalahan yang dialami siswa saat mengerjakan soal cerita matematika pada materi bangun datar berdasarkan klasifikasi kastolan serta faktor penyebab kesalahan yang dialami siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan kesalahan siswa kelas VII-4 yang memiliki kemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun datar berdasarkan klasifikasi kastolan, 2) mendeskripsikan kesalahan siswa kelas VII-4 yang memiliki kemampuan sedang dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun datar berdasarkan klasifikasi kastolan, 3) mendeskripsikan kesalahan siswa kelas VII-4 yang memiliki kemampuan rendah dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun datar berdasarkan klasifikasi kastolan, 4) mendeskripsikan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun datar klasifikasi Kastolan di SMP N 35 Medan.
Jenis penelititan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif bersifat deskriptif yang dilakukan di kelas VII-4 yang berjumlah tiga puluh satu siswa yang diambil enam siswa dengan kriteria dua siswa kemampuan tinggi, dua siswa kemampuan sedang, dan dua siswa kemampuan rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles, Huberman. Untuk keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi Teknik.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, yang diidentifikasikan menurut teori kastolan. Subjek melakukan kesalahan konseptual disebabkan karena subjek tidak mampu memilih dan menerapkan rumus dan kurangnya pengetahuan siswa mengenai konsep bangun datar. Kesalahan prosedural yang dilakukan siswa disebabkan karena dalam menjawab soal yang diberikan subjek tidak mengerti apa yang ditanyakan di dalam soal, subjek tidak mnenyelesaikan soal yang diberikan secara sistematis dengan langkah-langkah yag sudah dijelaskan. Kesalahan teknik adalah kesalahan apabila subjek kurang teliti dalam pengerjaan, tidak mengecek hasil pekerjaannya serta subjek kurang belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kesalahan Siswa, Bangun Datar, Klasifikasi Kastolan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 06 Feb 2025 04:41
Last Modified: 06 Feb 2025 04:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59624

Actions (login required)

View Item
View Item