Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Statistik Siswa Sekolah Menengah Pertama

Mahardika, Putri (2024) Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Statistik Siswa Sekolah Menengah Pertama. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111047_Cover.pdf] Text
4203111047_Cover.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 4203111047_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111047_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of 4203111047_Abstrak.pdf] Text
4203111047_Abstrak.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 4203111047_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111047_Kata_Pengantar.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of 4203111047_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111047_Daftar_Isi.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 4203111047_BAB_I.pdf] Text
4203111047_BAB_I.pdf

Download (626kB)
[thumbnail of 4203111047_BAB_V.pdf] Text
4203111047_BAB_V.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of 4203111047_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111047_Daftar_Pustaka.pdf

Download (277kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pengembangan e-modul yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-2 SMP Prayatna Medan semester genap tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 18 siswa. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa e-modul berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education yang dikembangkan memenuhi kriteria valid berdasarkan persentase penilaian validitas ahli media sebesar 92,08% dan ahli materi sebesar 86,66% dengan kategori sangat valid. Memenuhi kriteria praktis berdasarkan penilaian respon guru sebesar 90% dan respon siswa sebesar 90,34% dengan kategori sangat praktis dan memenuhi kriteria efektif berdasarkan (1) ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 89%, (2) ketercapaian indikator/ tujuan pembelajaran sebesar 84,37%, (3) kemampuan guru mengelola pembelajaran sebesar 90,15%, dan (4) respon siswa positif terhadap e-modul sebesar 95%. %. Peningkatan kemampuan literasi statistik siswa yang diberikan melalui e-modul berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education memperoleh kenaikan rata-rata sebesar 34,37 dari test kemampuan awal (Pretest) dengan rata-rata nilai sebesar 43,75 meningkat menjadi 78,15 pada tes kemampuan akhir (Posttest). Dari keseluruhan indikator literasi statistik diperoleh rata-rata N-Gain sebesar 0,798 dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan E-modul, Pendekatan Realistic Mathematics Education, Model Pengembangan ADDIE, Kemampuan Literasi Statistik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 06 Feb 2025 03:23
Last Modified: 06 Feb 2025 03:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59594

Actions (login required)

View Item
View Item