Efektivitas Penggunaan Media Animasi Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP

Barus, Putri Amelia (2024) Efektivitas Penggunaan Media Animasi Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111079_Cover.pdf] Text
4203111079_Cover.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 4203111079_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111079_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (390kB)
[thumbnail of 4203111079_Abstrak.pdf] Text
4203111079_Abstrak.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 4203111079_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111079_Daftar_Isi.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of 4203111079_BAB_I.pdf] Text
4203111079_BAB_I.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 4203111079_BAB_V.pdf] Text
4203111079_BAB_V.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of 4203111079_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111079_Daftar_Pustaka.pdf

Download (82kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media animasi pembelajaran matematika untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Patumbak pada tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 1 Patumbak yang berjumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah media animasi pembelajaran matematika. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berbentuk lembar observasi dan pemberian angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video animasi pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang telah dirancang telah memenuhi kriteria valid melalui hasil penilaian para ahli/validator terhadap video animasi pembelajaran. Persentase kevalidan dari video animasi ini yaitu diperoleh 92,25%. Sedangkan kuesioner yang dijawab guru dan siswa setelah melihat video animasi pembelajaran menunjukkan bahwa kepraktisan perangkat pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran di kelas telah tercapai dalam praktis. Persentase kepraktisan angket respon guru sebesar 90,27% dan angket respon siswa sebesar 92,13%, berdasarkan analisis data kepraktisan, termasuk dalam kategori sangat praktis. Keefektifan video animasi pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa telah memenuhi kriteria efektif. Hal ini bisa dilihat terpenuhinya kriteria efektif yang ditetapkan pada penelitian ini, diantaranya penilaian ketuntasan belajar siswa klasikal dengan pendekatan kontekstual yang diperoleh dari hasil LKPD siswa dengan ketuntasan belajar siswa klasikal sebesar 90%, penilaian keefektifan pembelajaran sebesar 91,4%, penilaian peningkatan motivasi siswa diperoleh hasil angket sesudah pembelajaran dilakukan diperoleh hasil data sebesar 84,50%. Setelah itu, berdasarkan analisis gain penilaian angket sebelum dan sesudah pembelajaran, terlihat adanya peningkatan motivasi belajar siswa. Rata-rata skor gain sebesar 0,59 menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa kenaikan tersebut berada pada kategori sedang. Dari penjelasan tersebut terlihat jelas bahwa menonton video animasi pembelajaran dapat membantu siswa menjadi lebih termotivasi dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Efektivitas, Penggunaan, Media, Motivasi, Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 06 Feb 2025 02:09
Last Modified: 06 Feb 2025 02:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59575

Actions (login required)

View Item
View Item