PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SCRAPBOOK BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS IV SD NEGERI 010139 PERKEBUNAN GUNUNG MELAYU T.A 2022/2023

PUTRI, SUCI ADE (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SCRAPBOOK BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS IV SD NEGERI 010139 PERKEBUNAN GUNUNG MELAYU T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1192411025_Cover.pdf] Text
1192411025_Cover.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 1192411025_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1192411025_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of 1192411025_Abstrak.pdf] Text
1192411025_Abstrak.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 1192411025_Kata_Pengantar.pdf] Text
1192411025_Kata_Pengantar.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of 1192411025_Daftar_Isi.pdf] Text
1192411025_Daftar_Isi.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 1192411025_Daftar_Gambar.pdf] Text
1192411025_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1192411025_Daftar_Tabel.pdf] Text
1192411025_Daftar_Tabel.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 1192411025_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1192411025_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1192411025_BAB_I.pdf] Text
1192411025_BAB_I.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of 1192411025_BAB_V.pdf] Text
1192411025_BAB_V.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 1192411025_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1192411025_Daftar_Pustaka.pdf

Download (211kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan
keefektivan bahan ajar scrapbook berbasis problem based learning tema 7
subtema 1 di kelas IV SD Negeri 010139 perkebunan gunung melayu. Adapun
jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and
Development) dengan menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari 5 tahapan
yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 010139 perkebunan gunung
melayu sebanyak 21 siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari obeservasi,
wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam
pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara guru, angket validasi materi dan
desain, angket praktisi pendidikan, angket respon peserta didik dan soal tes. Hasil
penelitian menyatakan bahwa kelayakan bahan ajar dari hasil penilaian yang
dilakukan oleh dosen ahli materi memeperoleh persentase 86,6% dan masuk
dalam kategori “Sangat Valid”. Sedangkan ahli desain memperoleh persentase
94,6% dan masuk dalam kategori “Sangat Valid”, kepraktisan bahan ajar oleh
praktisi pendidikan memperoleh persentase 96% dan masuk dalam kategori
“Sangat Praktis”. Sedangkan total nilai yang diperoleh dari respon siswa yaitu
dengan rata-rata persentase 87% dan masuk dalam kategori “Sangat Praktis”;
keefektifan diperoleh pada uji pre-test dan post-test yang dilakukan oleh peserta
didik. Dari hasil pre-test menunjukkan keefektifan yaitu 60,95% dengan masuk
dalam kategori “Kurang Efektif”. Sedangkan pada hasil uji post-test menunjukkan
efektifitas mencapai 84,28% dengan kategori “Sangat Efektif. Berdasarkan data
ynag ditemukan menunjukkan bahwa bahan ajar scrapbook berbasis model
problem based learning tema 7 subtema 1 di kelas IV SD Negeri 010139
perkebunan gunung melayu sudah sangat layak digunakan dalam proses
pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bahan Ajar, Scrapbook, Problem Based Learning, Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 5
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 09:16
Last Modified: 21 Jul 2025 09:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59565

Actions (login required)

View Item
View Item