SARI, RATIH AYU MUSTIKA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA TEMA 3 SUBTEMA 2 DI KELAS V SDN 064994 MEDAN MARELAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1193311072_Cover.pdf
Download (44kB)
1193311072_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (375kB)
1193311072_Abstrak.pdf
Download (126kB)
1193311072_Kata_Pengantar.pdf
Download (152kB)
1193311072_Daftar_Isi.pdf
Download (155kB)
1193311072_Daftar_Tabel.pdf
Download (59kB)
1193311072_Daftar_Gambar.pdf
Download (58kB)
1193311072_Daftar_Lampiran.pdf
Download (33kB)
1193311072_BAB_I.pdf
Download (309kB)
1193311072_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (635kB)
1193311072_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (845kB)
1193311072_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1193311072_BAB_V.pdf
Download (149kB)
1193311072_Daftar_Pustaka.pdf
Download (154kB)
1193311072_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menghasilkan media game edukasi berbasis Problem
Based Learning yang valid, praktis, dan efektif pada Tema 3 Subtema 2
Pembelajaran 1 di Kelas V SDN 064994 Medan Marelan T.A 2023/2024. Jenis
penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research and
Development (R & D) dengan model ADDIE yang terdiri dari Analysis (Analisis),
Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi),
dan Evaluation (Evaluasi). Subjek pada penelitian dan pengembangan adalah siswa
kelas V Sd 064994 Medan Marelan yang berjumlah 20 orang. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penilaian kevalidan oleh ahli materi (dosen) pada tahap I memperoleh hasil
74% dengan kriteria “Valid” pada tahap II dengan perolehan hasil 90% termasuk
pada kriteria “Sangat Valid”. Sedangkan pada ahli desain media (dosen)
memperoleh hasil 84% dengan kriteria “Sangat Valid”. Selanjutnya pada penilaian
kepraktisan oleh ahli praktisi (guru) memperoleh hasil 95,7% dengan kriteria
“Sangat Praktis” dan penilaian siswa juga termasuk pada kriteria “Sangat Praktis”
dengan perolehan hasil 95,05%. Adapun hasil penilaian keefektifan oleh siswa
menunjukkan perubahan nilai yang meningkat, dapat dilihat dari hasil pre-test dan
post-test. Hasil pre-test memperoleh 52,75% dan hasil post-test memperoleh 88%.
Berdasarkan keefektifan penggunaan media game edukasi berbasis Problem Based
Learning yang menggunakan N-Gain mendapatkan kriteria “Efektif” dengan
persentasi 78%. Dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan ini
menghasilkan sebuah produk berupa media game edukasi berbasis Problem Based
Learning yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di
kelas V SDN 064994 Medan Marelan T.A 2023/2024.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan, Media, Game Edukasi, PBL, SD. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 09:18 |
| Last Modified: | 01 Sep 2025 03:29 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59556 |
