NASUTION, FEBRY ANDANI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI BENIME WHITEBOARD ANIMATION PADA TEMA 3 TUGASKU SEHARI-HARI KELAS II SDN 200212 PADANGSIDIMPUAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1193311052_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311052_Cover.pdf
Download (44kB)
![[thumbnail of 1193311052_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311052_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (384kB)
![[thumbnail of 1193311052_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311052_Abstrak.pdf
Download (176kB)
![[thumbnail of 1193311052_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311052_Kata_Pengantar.pdf
Download (226kB)
![[thumbnail of 1193311052_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311052_Daftar_Isi.pdf
Download (156kB)
![[thumbnail of 1193311052_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311052_Daftar_Gambar.pdf
Download (202kB)
![[thumbnail of 1193311052_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311052_Daftar_Tabel.pdf
Download (109kB)
![[thumbnail of 1193311052_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311052_Daftar_Lampiran.pdf
Download (82kB)
![[thumbnail of 1193311052_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311052_BAB_I.pdf
Download (404kB)
![[thumbnail of 1193311052_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311052_BAB_V.pdf
Download (139kB)
![[thumbnail of 1193311052_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311052_Daftar_Pustaka.pdf
Download (153kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk menghasilkan media pembelajaran video
animasi berbasis aplikasi Benime Whiteboard Animation yang valid pada
pembelajaran tematik di kelas II SDN 200212 Padangsidimpuan T.A 2023/2024,
Untuk menghasilkan media pembelajaran video animasi berbasis aplikasi Benime
Whiteboard Animation yang praktis pada pembelajaran tematik di kelas II SDN
200212 Padangsidimpuan T.A 2023/2024, Untuk menghasilkan media
pembelajaran video animasi berbasis aplikasi Benime Whiteboard Animation yang
efektif pada pembelajaran tematik di kelas II SDN 200212 Padangsidimpuan T.A
2023/2024.Permasalahan awal yang terjadi adalah belum pernah adanya media
pembelajaran interaktif yang menggunakan aplikasi Benime Whiteboard
Animation yang dikembangkan sehingga berdampak kepada minta belajar peserta
didik kelas II SDN 200212 Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model
pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analysis (Analisis), Design
(Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi),
dan Evaluation (Evaluasi). Subjek dari penelitian dan pengembangan ini adalah
peserta didik kelas II SDN 200212 Padangsidimpuan yang berjumlah 20 orang.
Teknik analisis data pada penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pada
data kuantitatif diperoleh dari angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli
desain, ahli praktisi (guru), dan peserta didik. Sedangkan data kualitatif diperoleh
dari hasil wawancara, tanggapan dan saran dari validator materi, desain media,
dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian validitas oleh ahli materi
(dosen) memperoleh skor 50 (83%) dengan kriteria “Sangat Valid”. Sedangkan penilaian
oleh ahli media (dosen) memperoleh skor 51(85%) dengan kriteria “Sangat Valid”.
Selanjutnya penilaian praktikalitas oleh ahli praktisi (guru) kelas II memperoleh skor
60(100%) dengan kriteria “sangat Praktisi” penilaian peserta didik Kelas II SDN 200212
Padangsidimupuan memperoleh skor 169 (93%) dengan kriteria “Sangat Praktis”.
Adapun hasil penilaian efektifitas oleh peserta didik kelas II menunjukkan perubahan
nilai peserta didik menjadi meningkat dibuktikan dengan hasil pre-test memperoleh nilai
49,75% dan hasil post-test memperoleh nilai 87,25%. Berdasarkan keefektivitasan
penggunaan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Benime Whiteboard
Animation yang menggunakan N-Gain dengan kriteria “Efektif” dan persentase 77 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Research and Development, Benime Whiteboard Animation. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 09:27 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 09:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59524 |