Sihotang, Hotlas Paiyan (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA DIKLAT MELAKUKAN PERBAIKAN SISTEM PENGAPIAN DI KELAS XI TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK N 1 BALIGE TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5113122019 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 5113122019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
3. NIM 5113122019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM 5113122019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. NIM 5113122019 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
6. NIM 5113122019 TABELS.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 51131220019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 5113122019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM 51131220019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
13.NIM 51131220019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14.NIM 51131220019 BIBLIOGRAPY.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Mata Diklat Melakukan Perbaikan Sistem Pengapian dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK N 1 Balige semester genap tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar pada mata diklat melakukan perbaikan sistem pengapian di kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK N 1 Balige Tahun Ajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 17 orang siswa yang tuntas belajarnya (56,66%) dengan nilai rata-rata 71 dan pada siklus II menjadi 25 orang siswa yang tuntas belajarnya (83,33%) dengan nilai rata-rata 76,33. Dengan demikian terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 26,27%. Karena telah mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor pada Mata Diklat Melakukan Perbaikan Sistem Pengapian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 OTO 014 |
Keywords: | Model Pembelajaran; PBL; Hasil Belajar; Sistem Pengapian. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 06:48 |
Last Modified: | 22 Jun 2016 06:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5952 |