Pengaruh Pembelajaran Berbasis Hots Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Menciptakan Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas XI SMAN 14 Medan

Gaol, Tio Novita Lumban (2024) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Hots Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Menciptakan Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas XI SMAN 14 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203111017_Cover.pdf] Text
2203111017_Cover.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 2203111017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203111017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2203111017_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203111017_Kata_Pengantar.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 2203111017_Daftar_Isi.pdf] Text
2203111017_Daftar_Isi.pdf

Download (654kB)
[thumbnail of 2203111017_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203111017_Daftar_Tabel.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of 2203111017_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2203111017_Daftar_Lampiran.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 2203111017_BAB_I.pdf] Text
2203111017_BAB_I.pdf

Download (588kB)
[thumbnail of 2203111017_BAB_V.pdf] Text
2203111017_BAB_V.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 2203111017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203111017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (289kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah: mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis hots
terhadap kemampuan siswa dalam menciptakan teks eksplanasi pada siswa kelas
XI SMAN Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI sebanyak
268 orang. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen,
serta masing-masing kelas berjumlah 26 orang. Metode penelitian ini
menggunakan metode eksperimen dengan tipe post-test control group design
dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah
tes essai. Hasil penelitian 1) kemampuan menciptakan teks eksplanasi pada siswa
kelas XI IPA-5 (kelas kontrol) SMAN 14 Medan dengan menggunakan model
konvensional (ceramah) tertinggi berada pada kategori cukup dengan persentase
70% dari 26 siswa. 2) Kemampuan menciptakan teks eksplanasi pada siswa kelas
XI IPA-4 (kelas eksperimen) SMAN 14 Medan dengan menggunakan
pembelajaran berbasis hots tertinggi berada pada kategori sangat baik dengan
persentase 98% dari 26 siswa. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai
kemampuan siswa dalam menciptakan teks eksplanasi kelas ekperimen lebih
tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh t hitung to =
2,56 setelah diuji signifikansinya pada taraf signifikan 5% dengan df = (N1+N2)-2
= (26+26)-2 =50. Pada taraf t dengan df = 50 diperoleh taraf signifikansinya
2,056. Karena to yang diperoleh lebih besar daripada t tabel yaitu 2,56> 2,056,
maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran Berbasis Hots; Menciptakan; Teks Eksplanasi
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Feb 2025 02:53
Last Modified: 05 Feb 2025 02:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59492

Actions (login required)

View Item
View Item