Gajah, Theresia Yessi Moya (2024) Korelasi Keteramilan membaca Pemahaman Dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Kisaran Tahun Pembelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
2173311075_Cover.pdf
Download (42kB)
2173311075_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (629kB)
2173311075_Kata_Pengantar.pdf
Download (115kB)
2173311075_Daftar_Isi.pdf
Download (114kB)
2173311075_Daftar_Tabel.pdf
Download (68kB)
2173311075_Daftar_Lampiran.pdf
Download (67kB)
2173311075_BAB_I.pdf
Download (371kB)
2173311075_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (530kB)
2173311075_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (403kB)
2173311075_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (686kB)
2173311075_BAB_V.pdf
Download (61kB)
2173311075_Daftar_Pustaka.pdf
Download (59kB)
2173311075_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi keterampilan membaca
pemahaman dan keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP
Negeri 6 Kisaran selama tahun pembelajaran 2022/2023, serta untuk menganalisis
korelasi antara kedua keterampilan tersebut. Sampel penelitian terdiri dari 62
siswa, dan metode yang digunakan adalah angket sebagai instrumen pengumpulan
data. Tes digunakan sebagai teknik pengumpulan data tambahan, yang kemudian
diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata
keterampilan membaca pemahaman siswa adalah sebesar 62,20. Siswa dengan
kategori kurang sejumlah 9 orang (14,50%), nilai cukup oleh 16 orang (25,80%),
kategori baik oleh 27 orang (43,54%), dan kategori sangat baik oleh 10 orang
(16,12%). Sementara itu, keterampilan menulis teks deskripsi siswa tergolong
sangat baik dengan rata-rata nilai sebesar 82,3. Terdapat 4 siswa (6,45%) dengan
kategori kurang, 9 siswa (14,51%) dengan kategori cukup, 22 siswa (35,47%)
dengan kategori baik, dan 27 siswa (43,54%) dengan kategori sangat baik. Dalam
analisis data, ditemukan bahwa keterampilan membaca pemahaman siswa
memiliki korelasi yang signifikan terhadap keterampilan menulis siswa, dengan
nilai P sebesar 0,034 (0,034 < 0,05). Korelasi ini mencapai 46,8, sementara faktor
lain yang tidak diuji dalam penelitian ini juga memengaruhi siswa, sebagaimana
ditunjukkan oleh nilai P (0,034) < nilai signifikansi (0,05) dan nilai F sebesar
16,848.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF889 Graphology. Study of handwriting Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 05 Feb 2025 02:48 |
| Last Modified: | 08 Jul 2025 08:40 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59489 |
