Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis High Orger Thinking Skill (HOTS) Menggunakan Prosedur Newman

Billa, Nazla Salsa (2024) Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis High Orger Thinking Skill (HOTS) Menggunakan Prosedur Newman. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193311085_Cover.pdf] Text
4193311085_Cover.pdf

Download (22kB)
[thumbnail of 4193311085_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311085_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 4193311085_Abstrak.pdf] Text
4193311085_Abstrak.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 4193311085_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311085_Kata_Pengantar.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 4193311085_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311085_Daftar_Isi.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 4193311085_BAB_I.pdf] Text
4193311085_BAB_I.pdf

Download (512kB)
[thumbnail of 4193311085_BAB_V.pdf] Text
4193311085_BAB_V.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 4193311085_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311085_Daftar_Pustaka.pdf

Download (231kB)

Abstract

Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pencapaian kompetensi matematika peserta didik dalam dunia pendidikan adalah dengan cara melatih peserta didik menggunakan soal tipe High Order Thinking Skill (HOTS). High Order Thinking Skill (HOTS) merupakan keahlian dalam proses berpikir kritis, reflektif, metakognitif, logis dan kreatif yang dilimiki oleh peserta didik. Kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal matematika tipe High Order Thinking Skill (HOTS) perlu dianalisis, salah satu yang dapat digunakan adalah analisis kesalahan prosedur Newman. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal High Order Thinking Skill (HOTS) dengan menggunakan prosedur Newman. Penelitian ini berjenis kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa SMA Negeri 7 Medan kelas XI IPA yang berjumlah 59 siswa. Dimana dipilih 6 orang siswa yang terdiri dari 2 siswa kategori tinggi, 2 siswa kategori sedang dan 2 siswa kategori rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes essay, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh 4 jenis kesalahan yaitu kesalahan Memahami Masalah (Comprehension) yang dilakukan siswa sebesar 79,10%, kesalahan Transformasi (Transformation) yang dilakukan siswa sebesar 43,37%, kesalahan Keterampilan Proses (Process Skill) yang dilakukan siswa sebesar 24,29% dan kesalahan Penulisan Jawaban Akhir (Endconding) yang dilakukan siswa sebesar 74,01%. Sehingga kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa terdapat pada kesalahan Memahami Masalah (Comprehension) yang dilakukan siswa sebesar 79,10%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Analisis kesalahan, HOTS, Prosedur Newman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Feb 2025 02:39
Last Modified: 05 Feb 2025 02:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59488

Actions (login required)

View Item
View Item