Pradyta, Septiana (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Keterampilan Menulis Teks Tanggapan pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 41 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
2203111021_Cover.pdf
Download (54kB)
2203111021_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (875kB)
2203111021_Kata_Pengantar.pdf
Download (134kB)
2203111021_Daftar_Isi.pdf
Download (64kB)
2203111021_Daftar_Tabel.pdf
Download (34kB)
2203111021_Daftar_Lampiran.pdf
Download (33kB)
2203111021_BAB_I.pdf
Download (372kB)
2203111021_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (506kB)
2203111021_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (723kB)
2203111021_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (937kB)
2203111021_BAB_V.pdf
Download (61kB)
2203111021_Daftar_Pustaka.pdf
Download (66kB)
2203111021_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk menganalisis keterampilan menulis teks
tanggapan pada siswa kelas IX SMP Negeri 41 Medan tanpa menggunakan model
pembelajaran Think Pair Share (TPS); (2) Untuk menganalisis keterampilan
menulis teks tanggapan pada siswa kelas IX SMP Negeri 41 Medan dengan
menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS); (3) Untuk
menganalisis pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam
meningkatkan keterampilan menulis teks tanggapan pada siswa kelas IX SMP
Negeri 41 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksperimen two group posttest-only control design. Populasi pada penelitian adalah
seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 41 Medan. Populasi siswa kelas IX SMP Negeri
41 Medan berjumlah 186 siswa yang terbagi menjadi 7 kelas. Dari 186 siswa,
ditetapkan sampel pada penelitian ini yaitu kelas IX-2 yang terdiri dari 28 siswa
dan kelas IX-4 yang terdiri dari 28 siswa. Pada penelitian ini peneliti menjadikan
kelas IX-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-4 sebagai kelas kontrol. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dengan
menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan menulis teks tanggapan siswa
tanpa menggunakan model pembelajaran Think Pair Share adalah 66,07 tergolong
ke dalam kategori cukup dan belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM) yaitu 75. Sedangkan nilai rata-rata keterampilan menulis teks tanggapan
siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share adalah 85,85
tergolong ke dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat dikatakan nilai
siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih tinggi
dibandingkan nilai siswa tanpa menggunakan model pembelajaran Think Pair
Share. Berdasarkan uji t diperoleh nilai taraf signifikansi α = 0,05 dan n=28,
diperoleh ttabel = 2,04. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel
yaitu, 6,18 > 2,04, sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dam hipotesis alternatif (Ha)
diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap keterampilan
menulis teks tanggapan pada siswa kelas IX SMP Negeri 41 Medan
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Think Pair Share; Keterampilan Menulis; Teks Tanggapan |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF889 Graphology. Study of handwriting L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 05 Feb 2025 01:58 |
| Last Modified: | 08 Jul 2025 08:11 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59481 |
