Pengaruh Model Pembelajaran Scramble terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Swasta Katolik Assisi Medan Tahun Ajaran 2023/2024

Octaviani, Rut (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Scramble terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Swasta Katolik Assisi Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2193111019_Cover.pdf] Text
2193111019_Cover.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 2193111019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2193111019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (655kB)
[thumbnail of 2193111019_Kata_Pengantar.pdf] Text
2193111019_Kata_Pengantar.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 2193111019_Daftar_Isi.pdf] Text
2193111019_Daftar_Isi.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 2193111019_Daftar_Tabel.pdf] Text
2193111019_Daftar_Tabel.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 2193111019_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2193111019_Daftar_Lampiran.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 2193111019_BAB_I.pdf] Text
2193111019_BAB_I.pdf

Download (472kB)
[thumbnail of 2193111019_BAB_V.pdf] Text
2193111019_BAB_V.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 2193111019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2193111019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (233kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Scramble
terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Swasta
Katolik Assisi Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini
seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 119 orang. Sampel terdiri dari 46 orang
yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol sebanyak 23 orang dan kelas
eksperimen sebanyak 23 orang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen
two group post-test only control design dengan menggunakan pendekatan
kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essai. Hasil
penelitian menunjukkan 1) kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII
SMP Swasta Katolik Assisi Medan Tahun Ajaran 2023/2024 dengan menggunakan
model pembelajaran konvensional masih belum memenuhi KKM yang ditentukan
sekolah yakni 75, hasil yang didapat siswa dengan model konvensional yaitu
dengan rata-rata 62 tergolong kategori kurang. 2) Kemampuan menulis teks
eksposisi siswa siswa kelas VIII SMP Swasta Katolik Assisi Medan Tahun Ajaran
2023/2024 dengan menggunakan model pembelajaran scramble mendapat rata-rata
87 yang tergolong kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat dikatakan nilai
kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai kelas kontrol. Berdasarkan uji t
diperoleh nilai taraf signifikan α = 0,05 dan n=23, diperoleh ttabel = 2,074. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yaitu, 5,33 > 2,074, sehingga
hipotesis nihil (Ho) ditolak dam hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini
membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model
pembelajaran scramble terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas
VIII SMP Swasta Katolik Assisi Medan Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Scramble; Menulis; Teks Eksposisi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 04 Feb 2025 09:00
Last Modified: 05 Feb 2025 01:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59480

Actions (login required)

View Item
View Item