Pengaruh Model Time Token terhadap Keterampilan Menulis Teks Biografi pada Siswa Kelas X SMAS Muhammadiyah 8 Kisaran

Pratama, Rama Yunita (2024) Pengaruh Model Time Token terhadap Keterampilan Menulis Teks Biografi pada Siswa Kelas X SMAS Muhammadiyah 8 Kisaran. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2201111008_Cover.pdf] Text
2201111008_Cover.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 2201111008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2201111008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (663kB)
[thumbnail of 2201111008_Kata_Pengantar.pdf] Text
2201111008_Kata_Pengantar.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 2201111008_Daftar_Isi.pdf] Text
2201111008_Daftar_Isi.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 2201111008_Daftar_Tabel.pdf] Text
2201111008_Daftar_Tabel.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 2201111008_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2201111008_Daftar_Lampiran.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 2201111008_BAB_I.pdf] Text
2201111008_BAB_I.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of 2201111008_BAB_V.pdf] Text
2201111008_BAB_V.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of 2201111008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2201111008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (221kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan; (1) untuk menganalisis keterampilan menulis teks biografi tanpa menggunakan model time token pada siswa kelas X SMAS Muhammadiyah 8 Kisaran, (2) untuk menganalisis keterampilan menulis teks biografi menggunakan model time token pada siswa kelas X SMAS
Muhammadiyah 8 Kisaran, dan (3) untuk menganalisis pengaruh model time token terhadap keterampilan menulis siswa di kelas X SMAS Muhammadiyah 8 Kisaran. Metode penelitian menggunakan desain two group post-test design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X SMAS
Muhammadiyah 8 Kisaran dengan sampel 36 siswa kelas kontrol dan 36 siswa kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah struktur, kesesuaian isi, kaidah kebahasaan, dan ketepatan penulisan ejaan. Teknik analisis data menggunakan uji persyaratan analisis, uji homogenitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian di kelas kontrol diperoleh rata-rata 76,61 dengan kategori baik, sedangkan di kelas eksperimen diperoleh rata-rata 89, 46 dengan kategori sangat baik. Kemudian, melalui pengujian hipotesis yaitu dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yaitu 8,98 > 1,99444 sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model time token terhadap keterampilan menulis teks biografi pada siswa kelas X SMAS Muhammadiyah 8 Kisaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Time Token; Keterampilan Menulis; Teks Biografi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 04 Feb 2025 08:48
Last Modified: 05 Feb 2025 01:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59475

Actions (login required)

View Item
View Item