Pengaruh Media Iklan Audio Visual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Swasta Panca Jaya Galang

Lubis, Nuriati Br. (2024) Pengaruh Media Iklan Audio Visual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Swasta Panca Jaya Galang. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2193311024_Cover.pdf] Text
2193311024_Cover.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 2193311024_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2193311024_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2193311024_Kata_Pengantar.pdf] Text
2193311024_Kata_Pengantar.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 2193311024_Daftar_Isi.pdf] Text
2193311024_Daftar_Isi.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of 2193311024_Daftar_Tabel.pdf] Text
2193311024_Daftar_Tabel.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 2193311024_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2193311024_Daftar_Lampiran.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 2193311024_BAB_I.pdf] Text
2193311024_BAB_I.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of 2193311024_BAB_V.pdf] Text
2193311024_BAB_V.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 2193311024_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2193311024_Daftar_Pustaka.pdf

Download (197kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis teks persuasi siswa yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media iklan audio visual terhadap kemampuan menulis
teks persuasi oleh siswa kelas VIII SMP Swasta Panca Jaya Galang. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Panca Jaya Galang, yaitu 47 orang. Sampel pada penelitian ini, yaitu siswa kelas VIII-A yang
berjumlah 23 siswa, dan siswa kelas VIII-B yang berjumlah 24 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain Two Group Posttest Design. Teknik analisis data menggunakan uji persyaratan analisis, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 85,29 berada pada kategori baik, sedangkan hasil penelitian pada kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 77,47
berada pada kategori cukup. Berdasarkan uji kesamaan nilai rata-rata kelas eksperimen dan nilai rata-rata kelas kontrol diketahui bahwa hasil kemampuan menulis teks persuasi kedua kelompok menunjukkan perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol. Hasil uji hipotesis dengan uji “t” diperoleh thitung > ttabel, yaitu 6,011 > 2,069 pada taraf signifikan 5%. Hal
ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan Media Iklan Audio Visual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Swasta Panca Jaya Galang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Iklan Audio Visual; Kemampuan Menulis Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 04 Feb 2025 08:31
Last Modified: 05 Feb 2025 02:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59471

Actions (login required)

View Item
View Item