Gaol, Naomi Marchini Lumban (2024) Pengaruh Strategi RAFT (Role-Audience-Format-Topic) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 35 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
2192411009_Cover.pdf
Download (96kB)
2192411009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
2192411009_Kata_Pengantar.pdf
Download (176kB)
2192411009_Daftar_Isi.pdf
Download (140kB)
2192411009_Daftar_Tabel.pdf
Download (85kB)
2192411009_Daftar_Gambar.pdf
Download (81kB)
2192411009_Daftar_Lampiran.pdf
Download (83kB)
2192411009_BAB_I.pdf
Download (390kB)
2192411009_BAB_V.pdf
Download (113kB)
2192411009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (179kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi RAFT (Role- Audience-Format-Topic) terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 35 Medan tahun ajaran 2023/2024. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 35 Medan sebanyak 248 siswa.
Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, adapun kelas yang terpilih, yaitu kelas VII-4 yang berjumlah 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, dengan bentuk eksperimen dengan tipe one group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes esai. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 35 Medan sebelum menggunakan strategi RAFT (Role-Audience-Format-Topic) dengan rata-rata nilai siswa ialah 47,08 berada pada kategori sangat kurang. 2) keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 35 Medan setelah menggunakan strategi RAFT
(Role-Audience-Format-Topic) dengan rata-rata nilai siswa ialah 80,41 berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai keterampilan menulis teks deskripsi setelah menggunakan strategi RAFT (Role-Audience-
Format-Topic) meningkat dengan persentase 33,3%. 3) Berdasarkan hasil analisis diperoleh Thitung = 9,48 dengan Ttabel pada taraf signifikan 0,05 dan n = 30 diperoleh Ttabel = 1,70113. Dikarenakan Thitung > Ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi RAFT (Role-Audience-Format- Topic) terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 35 Medan tahun ajaran 2023/2024.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengaruh; Strategi RAFT (Role-Audience-Format-Topic); Menulis Teks Deskripsi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 04 Feb 2025 08:20 |
| Last Modified: | 05 Feb 2025 02:15 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59468 |
