Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Focused Group Discussion (FGD) terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi pada Peserta Didik Kelas XI UPW 1 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Medan”, Program Studi Strata 1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Abdillah, Fauzan (2024) Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Focused Group Discussion (FGD) terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi pada Peserta Didik Kelas XI UPW 1 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Medan”, Program Studi Strata 1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2193111018_Cover.pdf] Text
2193111018_Cover.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 2193111018_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2193111018_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2193111018_Kata_Pengantar.pdf] Text
2193111018_Kata_Pengantar.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 2193111018_Daftar_Isi.pdf] Text
2193111018_Daftar_Isi.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 2193111018_Daftar_Tabel.pdf] Text
2193111018_Daftar_Tabel.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 2193111018_Daftar_Gambar.pdf] Text
2193111018_Daftar_Gambar.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 2193111018_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2193111018_Daftar_Lampiran.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 2193111018_BAB_I.pdf] Text
2193111018_BAB_I.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of 2193111018_BAB_V.pdf] Text
2193111018_BAB_V.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 2193111018_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2193111018_Daftar_Pustaka.pdf

Download (189kB)

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk; (1) Mendeskripsikan kemampuan peserta didik kelas XI Usaha Perjalanan Wisata Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Medan dalam menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan metode
pembelajaran Focused Group Discussion (FGD); (2) Mendeskripsikan kemampuan peserta didik kelas XI Usaha Perjalanan Wisata Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Medan dalam menulis teks eksplanasi setelah menggunakan metode pembelajaran Focused Group Discussion (FGD); dan (3)
Mendeksripsikan pengaruh penerapan metode pembelajaran Focused Group Discussion (FGD) terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI Pariwisata Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Medan tahun pembelajaran 2022/2023. Subjek peneltian ini adalah kelas XI UPW 1 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Medan dengan jumlah peserta didik sebanyak 33 orang yang menjadi sampel penelitian. Pengukuran kemampuan menulis peserta didik terhadap teks eksplanasi akan dilakukan dengan melihat kemahiran peserta didik dalam menuliskan; (1) Struktur, (pernyataan umum, urutan sebab-akibat, interpretasi); dan (2) Kaidah kebahasaan, (kalimat pasif, bersifat informatif, kata kerja, istilah ilmiah, pemakaian konjungsi); serta (3) Mekanisme penulisan. Penelitian yang dilakukan menerapkan metode eksperimen dengan model one group pre-test post-test. Yang kemudian dilakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis terhadap data yang ditemukan. Pada pelaksanaan
pre-test didapatkan nilai rata-rata sebesar 74, sedangkan pada pelaksanaan posttest mendapatakan nilai rata-rata sebesar 86. Melalui uji hipotesis dengan taraf nyata 5% (0,05), maka ditemukan harga thitung = 0,926 < harga ttabel = 1,694. Berdasarkan temuan tersebut maka dapat disimpulkan
bahwa H1 diterima dan H2 ditolak, dengan deskripsi bahwasanya penerapan metode pembelajaran Focused Group Discussion (FGD) berpengaruh terhadap
kemampuan menulis peserta didik kelas XI UPW 1 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Medan pada Materi Teks Eksplanasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode Pembelajaran Focused Group Discussion; Kemampuan Menulis; Teks Eksplanasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 04 Feb 2025 07:40
Last Modified: 05 Feb 2025 03:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59451

Actions (login required)

View Item
View Item